oleh

Dankodiklatau: Airmanship Syarat Mutlak yang Wajib Dimiliki Penerbang

-Event, Fin-171 views

FAJAR.KORAN.CO.ID, YOGYAKARTA -– Sebagai penerbang, persyaratan mutlak yang harus dimiliki adalah jiwa Airmanship yang tinggi, yaitu sikap yang tercermin pada penampilan dan perbuatan saat melaksanakan tugas maupun dalam pola pikir, pola sikap dan pola tindak.

Hal tersebut ditegaskan Komandan Komando Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Udara (Dankodiklatau) Marsekal Madya (Marsdya) TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M. saat menutup pendidikan Sekolah Penerbang Angkatan-98 Terpadu di Gedung Jupiter, Yogyakarta, Rabu (28/7/2021).

Menurut Dankodiklatau, keberhasilan meraih prestasi terbaik yang telah didapatkan, jangan menjadikan untuk berpuas diri.

“Karena perjalanan pengabdian dalam meniti karier ke depan masih panjang. Kalian harus senantiasa belajar dan berlatih setiap saat sehingga nantinya siap melaksanakan tugas operasi penerbangan dengan baik dan mampu menjadi penerbang profesional,” terang Marsekal bintang tiga itu.

Lebih lanjut, Dankodiklatau menyampaikan, tanamkan budaya safety atau keselamatan penerbangan dan kerja (Lambangja) dalam melaksanakan tugas. “Tingkatkan profesionalisme dengan terus belajar dan berlatih, matapkan jiwa kejuangan insan dirgantara dalam pengabdian kepada bangsa dan negara,” imbuhnya.

Kegiatan diawali dengan  pernyataan penutupan pendidikan oleh Dankodiklatau dan dilanjutkan pemberian ijazah kepada 41 orang siswa Sekolah Penerbang Angkatan-98 Tepadu yang terdiri dari  41 siswa yang terdiri dari 39 siswa dari TNI AU, 1 orang siswa dari TNI AL, serta  1 orang siswa dari TUDM (Tentera Udara Diraja Malaysia).

Terpilih menjadi lulusan terbaik pada Sekbang A-98 terpadu Fix Wing Letda Tek Arya Wishnu Wardhana, S.Tr. (Han)., dan Rotary Wing Letda Tek Givana Patriot, S.Tr. (Han).

Turut hadir dalam kegiatan Danpuspenerbal,  Danlanud Adisutjipto, Kadisdikau, Kadisdikal, Kadisopslatau, Dirum Kodiklatau,  Danwingdikterbang, dan para pejabat Mabes TNI dan Mabesau.

Menariknya, pada kegiatan penutupan pendidikan, tidak seperti biasanya, ramai dan meriah, tetapi berlangsung sangat ketat sesuai protokol kesehatan (Prokes) covid-19. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed