by

Kota Salt Yordania Daftar Baru Warisan Budaya Dunia UNESCO

FAJAR.KORAN.CO.ID, AMMAN -– UNESCO pada tanggal 27 Juli 2021 menetapkan Kota Salt Yordania sebagai warisan budaya dunia.

Kota Salt dianggap sebagai warisan dunia tidak hanya karena setatusnya sebagai kota tua, namun karena kota ini menjadi cermin atas tingginya toleransi hidup penduduknya.

Seperti dijelaskan, Direktur Kajian Timur Tengah, Amirullah Kandu, Kota Salt adalah ibu kota dari Provinsi Al-Balqa, berjarak sekitar 29 km dari ibu kota Amman ke arah Yerussalem.

Pada zaman pemerintahan Dinasti Ottoman, Salt menjadi salah satu pusat perdagangan. Bangunan-bangunannya bercorak gaya arsitektur Turki, berpadukan lukisan-lukisan dari zaman Romawi.

Museum arkeologi di Salt menyimpan artefak-artefak berusia 4500-3000 SM, hingga peninggalan abad ke 16 Masehi.

Menteri Pariwisata Kerajaan Yordania Nayef Al-Fayiz menyebut bahwa akulturasi budaya yang terjadi di Kota Salt menjadi satu kelebihan tersendiri, di samping bangunan-bangunan dengan berbagai gaya arsitektur.

Pengajuan Kota Salt untuk masuk ke dalam catatan UNESCO telah dimulai sejak tahun 1995, lalu tahun 2017 dan tahun 2021.

Pemerintah Kerajaan Yordania menurut Al-Fayiz telah berhasil memasukkan 6 situs sejarah ke dalam catatan UNESCO dan hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri di bidang pariwisata. Keenam situs sejarah UNESCO tersebut adalah Petra, Istana Omra, Ummm Al-Rashas, Wadi Rum, Al-Maghats, dan terbaru Kota Salt. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed