oleh

Tumbuhkan Daya Saing Industri di Masa Pandemi, Pemkab Bone Teken Nota Kesepakatan dengan BBIHP Makassar

-Bisnis, Sulsel-803 views

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR –-  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone dengan Satuan Kerja (Satker) Kementerian Perindustrian di wilayah Sulawesi Selatan, melakukan penandatanganan nota kesepahaman, di Kantor Balai Besar Industri Hasil Perkebunan, Jumat (30/7).

Penandatangan nota kesepahaman tersebut, merupakan hasil tindak lanjut atas penjajakan kerja sama dari kunjungan yang sebelumnya dilakukan Satker-Satker Kementerian Perindustrian, terutama Satuan Kerja Kementerian Perindustrian yang berada di wilayah Makassar dan Bantaeng, yaitu Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP).

Kegiatan yang terselenggara dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19 dan dihadari tamu undangan terbatas itu, tampak Bupati Bone Dr. H. A. Fahsar M Padjalangi, M.Si beserta jajarannya, Kepala Balai Diklat Industri (BDI) Makassar, Direktur Akademi Komunitas Industri Manufaktur (AKOM) Bantaeng, Direktur Politeknik Akademi Teknologi Industri (ATI) Makassar, Kepala SMK – SMAK Makassar dan Kepala SMK–SMTI Makassar.

Kepala BBIHP, Setia Diarta, mewakali seluruh Satuan Kerja Kementerian Perindustrian di wilayah Makassar dan Bantaeng menyampaikan, kegiatan ini merupakan hasil tindak lanjut atas penjajakan kerja sama dan kunjungan yang sebelumnya dilakukan Satker-Satker Kementerian Perindustrian di Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Bone.

“BBIHP adalah satuan kerja di bawah Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kementerian Perindustrian yang memiliki tugas dalam bidang Layanan Standardisasi dan Jasa Industri meliputi: konsultansi, pelatihan teknis, standardisasi dan sertifikasi produk, pengujian mutu produk, kalibrasi peralatan, verifikasi dan inspeksi teknis, optimalisasi pemanfaatan teknologi dan digitalisasi dan inkubator industry,” jelas Setia Diarta.

Menurutnya, tujuan dari Penandatanganan Nota Kesepakatan ini, untuk mendukung upaya dalam menumbuhkembangkan industri sesuai potensi daerah di Kabupaten Bone ataupun kebijakan prioritas Pemerintah Kabupaten Bone, dengan menyinergikan Layanan Standardisasi dan Jasa Industri, Pengembangan Sumber Daya Industri ataupun Kebijakan Pembangunan Sumber Daya Industri oleh Kementerian Perindustrian.

Lebih lanjut Setia Diarta menyatakan, Kementerian Perindustrian hadir di Sulawesi Selatan untuk mendukung pengembangan teknologi industri dan mendorong peningkatan daya saing industri terutama bagi pelaku usaha khususnya IKM di Kabupaten Bone. IKM menjadi titik fokus Kementerian Perindustrian di wilayah Indonesia Timur karena jumlah industri besar yang masih terbatas.

News Feed