by

Unhas Terlibat dalam Program Southeast Asia Lecture Hall FPCI

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR -– Universitas Hasanuddin (Unhas) menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang terlibat dalam program Southeast Asia Lecture Hall yang diinisiasi oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI).

Keterlibatan tersebut sesuai dengan penandatangan Memorandum of Understanding antara Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA) bersama Pendiri FPCI (Dr. Dino Patti Djalal). Penandatangan MoU berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Rabu (28/07).

Southeast Asia Lecture Hall merupakan program yang bertujuan untuk memberikan kuliah kelas dunia oleh para akademisi dan pakar terkemuka di bidangnya kepada mahasiswa dan pemuda di seluruh Asia Tenggara.  Program ini disusun dengan latar belakang kesenjangan akses kuliah berkualitas tinggi di kawasan seperti Asia Tenggara.

FPCI telah menginisiasi program ini untuk mempromosikan hubungan yang lebih erat dan pertukaran intelektual antara mahasiswa dan akademisi Asia Tenggara, yang akan menjadi salah satu segmen masyarakat paling strategis.

Prof. Dwia menyambut baik kerja sama dan keterlibatan Unhas dalam program yang dasarnya mendorong agar generasi muda Indonesia memiliki pengalaman dan keilmuan yang lebih luas dengan para pengajar dari berbagai bidang ilmu dari Universitas ternama dunia.

Menurut beliau, konsep program Southeast Asia Lecture Hall yang menyediakan akses ke semua kuliah secara online dan digitalisasi sangat penting bagi Indonesia, sekaligus meningkatkan akses mahasiswa untuk mengetahui banyak hal.

Lebih lanjut, Prof. Dwia mengatakan perkembangan teknologi sedianya dapat dimanfaatkan dengan baik salah satunya dalam peningkatan ilmu pengetahuan.

“Pendidikan tinggi harus siap berubah dan menghasilkan inovasi sebagai upaya menjaga aktualitas pendidikan tinggi, salah satunya dalam aktivitas pembelajaran.  Dengan demikian, diharapkan mampu menghasilkan insan cendekia berkualitas,” kata Prof. Dwia.

Pada kesempatan yang sama, Dino menjelaskan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) menggandeng sekitar 50 kampus di Asia Tenggara termasuk Unhas untuk menghadirkan sesi kuliah dari para pendidik kelas dunia. 

Program Southeast Asia Lecture Hall digagas dengan tujuan memberikan akses kuliah berkualitas tinggi gratis dan regular kepada mahasiswa Asia Tenggara dari pendidik kelas dunia dengan berbagai bidang studi.

News Feed