by

Universitas Pancasakti Makassar Loloskan 14 Judul Penelitian Dosen Pemula

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR -– Universitas Pancasakti (Unpacti) Makassar berhasil meloloskan 14 judul penelitian (SKIM Penelitian Dosen Pemula) pada tahun 2021. Jumlah tersebut bertambah dibandingkan tahun 2020 yakni 11 judul penelitian.

“Alhamdulillah, dari sekitar 20-an judul penelitian yang diajukan, 14 di antaranya dinyatakan lolos,” ungkap Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Unpacti Makassar, Zaldi kepada wartawan di Makassar, Kamis, 29 Juli 2021.

Tahun 2020, katanya, ada 14 judul penelitian yang diajukan ke Kemenristek-Dikti, dan 11 di antaranya berhasil lolos.

“Tahun lalu agak cepat cair dananya, sehingga kami juga cepat melakukan penelitia, tapi tahun ini dananya belum cair, karena terjadi penggabungan dua kementerian, yaitu Kemendikbud dan Kemenristek-Dikti. Informasi yang kami terima, dananya baru akan cair pada bulan Agustus, padahal seharusnya sudah cair pada bulan Mei lalu,” tutur Zaldi.

Menyinggung besaran dana penelitian, dosen Ilmu Pemerintahan Fisipol Unpacti ini mengatakan, anggarannya rata-rata 19 juta per proposal, karena masih tergolong penelitian dosen pemula atau cluster binaan.

“Dalam hal penelitian, Universitas Pancasakti Makassar masih berada pad cluster binaan, dengan dana penelitian maksimal Rp20 juta,” sebut Zaldi, yang alumni S1 Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, dan S2 Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Dari 14 judul penelitian yang lolos tahun 2021 ini, lanjutnya, semuanya terwakili dari empat fakultas yang ada di Unpacti Makassar, yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Judul Penelitian

Judul penelitian yang lolos antara lain “Climate Change Governance: Adaptasi Pemerintah Kota Makassar dalam Menghadapi Tantangan Perubahan Iklim” (Zaldi Rusnaedy SIP MIP), “Strategi Peberdayaan Petani Lontar di Desa Mallasoro, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto” (Dedy Herianto SIP MAP).

“Klasifikasi Physical Activity Berbasis Sensor Accelorometer, Gyroscope, dan Gravity menggunakan Algoritma Ensemble GradientBoost” (Firman Aziz ST MT), dan “Pengembangan Absensi Online Berbasis Mobile Aplikasi untuk Mendukung Era Normal Baru pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Bone” (Syahrul Usman SKom MT).(rls/mukhlis/fajar)

News Feed