by

Pinrang Sudah Sekolah Tatap Muka, Daerah Lain Kapan?

KORANFAJAR.CO.ID, PINRANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pinrang melakukan simulasi Sekolah Tatap Muka (STM) selama seminggu. Siswa yang hadir dibatasi dan guru yang mengajar diwajibkan vaksin. 

Sekretaris Dinas (Sekdis) Pendidikan Kabupaten Pinrang, Muzakkir menyampaikan selama seminggu ini dilaksanakan Pertemuan Tatap Muka (PTM) di sejumlah sekolah SD dan SMP yang masuk kategori zona hijau dan zona kuning. 

“Jadi selama sepekan dimulai besok (hari ini, Senin, 2 Agustus,) kita simulasi dulu. Nanti akan dilihat dan dievaluasi bagaimana penerapannya” imbuhnya saat dikonfirmasi, Minggu, 1 Agustus. 

Muzakkir menyampaikan, untuk sekolah yang berada di zona hijau, maka PTM dilaksanakan setiap hari. Durasi belajar selama tiga jam. Sementara untuk sekolah yang berada di zona kuning hanya tiga hari dalam sepekan.

“Pihak sekolah yang tentukan tiga hari dalam sepekan itu hari apa saja untuk yang zona kuning,” urainya. 

Pihaknya memastikan semua sekolah telah dilakukan pemeriksaan oleh pihak puskemas dan tim untuk memastikan kesiapan sebelum dimulainya PTM. Meskipun berada di zona hijau dan kuning, tetapi jika dianggap belum siap, maka tetap tak boleh melakukan PTM. 

“Guru yang mengajar juga dipastikan sudah divaksin semua. Kantin tak boleh dibuka dan harus ada izin dari orangtua siswa,” jelasnya. 

Siswa dalam kelas juga dibatasi. Tak boleh penuh. Hanya boleh lima puluh persen dari jumlah siswa. Di SMP yang dulunya mampu diisi 32, kini hanya maksimal 16. Sementara SD yang dulunya 28 siswa, kini hanya boleh 14 siswa. 

“Nanti setelah sepekan simulasi, kita bersama Pak Bupati akan evaluasi dan menentukan apa yang kurang dan apakah bisa dilanjutkan,” jelasnya. 

Bupati Pinrang Irwan Hamid mengungkapkan, dirinya telah turun langsung melihat kesiapan sekolah untuk melaksanakan PTM. Ia pun telah menegur sekolah yang dianggap tak patuh dan siap untuk prokes. 

“Kita sudah cek sekolah. Jika dia zona hijau dan kuning serta semua standar prokes siap, maka kita izinkan,” jelasnya. (abd) 

News Feed