by

Unhas Kembali Kukuhkan Dua Professor Baru Fakultas MIPA

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR –- Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Rapat Paripurna Senat Akademik terbatas dalam rangka upacara Penerimaan Jabatan Professor bidang matematika di lingkup Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Rapat dimulai pukul 09.00 Wita di Ruang Senat Akademik Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Selasa (3/8) dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat, serta disiarkan live melalui YouTube Senat Akademik.

Profesor yang dikukuhkan yakni:

1. Prof. Budi Nurwahyu sebagai guru besar ke-425 dalam bidang Matematika Analisis dan Pengajaran pada Departemen Matematika. Lahir di Ngawi pada 02 Agustus  1950.

2. Prof. Dr. Ir. Nurdin, S.Si., M.Si., yang dikukuhkan sebagai guru besar ke-426 pada bidang Matematikan Kombinatorika, Departemen Matematika FMipa Unhas, lahir di Soppeng pada 7 Agustus 1970.

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada dua professor yang baru dikukuhkan. Beliau mengatakan, penambahan guru besar menjadi suatu kebanggaan karena menunjukkan peningkatan kapasistas pengajar yang semakin terlihat dan kuat guna menjamin kualitas pembelajaran.

“Menjadi Guru Besar bukan hal yang mudah, suatu kerja lahiriah dan psikis serta stamina luar biasa, apalagi dalam bidang matematika. Saya berharap, ini akan semakin meningkatkan minat calon mahasiswa untuk bergabung di Prodi Matematika guna melahirkan generasi penerus yang mampu memberikan dampak besar terhadap bangsa dan negara dalam sains dan teknologi. Penambahan jumlah guru besar Unhas semakin meningkatkan pula kapasitas dan kualitas sumber daya yang kita miliki,” jelas Prof. Dwia.

Prof. Budi Nurwahyu

Dalam pidato pengukuhannya tentang “Perspektif Matematika Analisis dan Dinamika Pengajarannya”, Prof Budi menjelaskan matematika analisis merupakan cabang ilmu matematika yang mempelajari teori kalkulus meliputi teori kalkulus diferensial, integral, teori fungsi dengan variabel rill termasuk analisis numerik dan teori bilangan modern serta teori peluang yang menggunakan serta mengembangkan metode matematika analisis.

Lebih lanjut, Prof. Budi mengatakan penerapan matematika analisis khususnya tentang konsep titik tetap (fixed point) di bidang sains dan teknologi. Peningkatan kualitas riset terhadap bidang matematika analisis merupakan suatu keniscayaan bagi para ahli matematika analisis di Indonesia. Sehingga, diperlukan  analisis dalam rangka menopang kemajuan sains teknologi.

News Feed