oleh

Titik Refleksi dari Peristiwa “Saya Sapp*l”, New Power in Conventional View

Setelah itu, pendekatan konteks juga perlu dilihat manakala perdebatan atas dua konsep kuasa di atas sudah dipahami. Di sisi ini konteks didudukkan atas pendekatan kebudayaan masyarakat Makassar, sehingga sikap, karakter dan perilaku menjadi tolak ukur dari pendekatan ini. Karakter tegas dan pantang menyerah orang-orang Makassar sudah hadir mewakili dua tipikal kuasa ini, menjadikan perseteruan mereka sebagai ajang dari kuat-kuatan jaringan, modal sosial dan jika apes akan menyentuh basis ekonomi.

Kedua sifat kuasa yang bekerja ini, mestinya disadari oleh dua belah pihak yang bertikai. Namun sepertinya, kuasa bidikan kamera cukup jarang diketahui dalam konteks Sulawesi Selatan. Karena ada kemungkinan orang-orang akan beranggapan jika kuasa jenis ini berbasis maya, sehingga belum ada basis yang jelas dan terukur. Berbeda dengan kuasa-penguasa, semuanya terukur, memiliki tujuan dan bahkan berakibat sanksi jika tidak dilaksanakan.

Dua kuasa ini sedang beradu dalam satu gelanggang yang memperebutkan suara terbanyak, saat ini suara terbanyak masih dipegang oleh dia yang menggunakan daya kuasa bidikan kamera. Ditambah dengan adanya kondisi yang sedang rapuh terhadap kepercayaan kuasa-penguasa, membuat orang-orang semakin respek dengan kuasa bidikan kamera. Namun perdebatan kuasa ini belum bisa mengeluarkan satu pemenang-pun, karena sebenarnya yang dilakukan oleh kuasa-penguasa adalah mencari simpati.

Lantaran kondisi yang ada saat ini benar-benar ada di ambang batas, adanya oknum-oknum berseragam seperti ini harus segera ditertibkan, jika tidak ini akan merusak citra kuasa-penguasa. Juga baiknya jangan menyalahkan orang-orang yang menggunakan media sosial sebagai pelipur lara, karena di kondisi seperti sekarang tidak ada yang lebih berharga selain bertegur sapa melalui media sosial. Sebagai catatan kecilnya juga, jangan sekali-kali melawan kuasa-penguasa, sebab jika tidak hangus Anda akan gosong, atau malah sakit hati!

OLEH: Feby Triadi

Pengajar di STIA Puangrimaggalatung – Bone/Bergiat di KM10 School

News Feed