by

Ketua Senat Politeknik ATI Makassar Raih Gelar Doktor di Unhas

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR  — Ketua Senat Politeknik ATI Makassar, Muh Setiawan Sukardin berhasil meraih gelar doktor dalam bidang Ilmu Teknik Mesin dari Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Kamis (5/8/2021).

Gelar tertinggi akademik ini diraih Setiawan setelah mampu mempertahankan disertasinya yang berjudul ‘Kajian Aerodinamika Kombinasi Kontrol Pasif dan Aktif Aliran pada Model Kendaraan Van’ dalam sidang promosi doktor yang digelar di Ruang Sidang Departemen Teknik Mesin.

Sidang promosi doktor tersebut dipimpin Wakil Dekan Bidang Akademik Riset dan Inovasi Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Prof Ir Baharuddin Hamzah, ST, March, PhD, dengan Prof Dr Ir H Nasaruddin Salam, MT selaku promotor, Dr Eng Jalaluddin ST, MT, dan Dr Rustan Tarakka, ST, MT, selaku ko promotor.

Hadir pula Prof Dr Ir  Syukri Himran, MSME, Prof Dr Ir Luther Sule MT, Dr Ir Nasaruddin Azis MSi, serta Dr Eng. Novriani Amaliyah ST MT sebagai tim penguji.

Dalam pemaparannya, Setiawan menyebutkan, penelitiannya bertujuan menganalisis metode kontrol separasi aliran turbulen secara pasif dan aktif yang dapat diterapkan dalam mengurangi area separasi sehingga memperkecil drag aerodinamika pada model kendaraan van.

Pelaksanaannya pun dilakukan dengan mengembangkan model kombinasi kontrol pasif dan aktif separasi aliran melalui pendekatan komputasi, yaitu aplikasi CFD.

Hasil penelitiannya menunjukkan, dengan kombinasi kontrol pasif dan kontrol aktif mampu mengurangi area separasi sehingga mereduksi drag aerodinamika pada model kendaraan van.

“Penggunaan kontrol pasif dan aktif aliran pada model kendaraan van berkontribusi mereduksi drag aerodinamika yang bermuara pada penghematan konsumsi bahan bakar pada kendaraan berbahan bakar fosil dan menghemat konsumsi listrik pada mobil listrik,”jelas dosen pada prodi Teknik Manufaktur Industri Agro ini.

Sementara itu, Direktur Politeknik ATI Makassar Muhammad Basri mengapresiasi raihan yang diperoleh oleh mantan Pembantu Direktur I Bidang Akademik tersebut.

Dengan raihan gelar doktor yang diperoleh Setiawan akan menambah jumlah dosen yang berkualifikasi doktor yang diharapkan dapat mendongkrak kualitas SDM di Politeknik ATI Makassar.

News Feed