by

Penumbuhan dan Pengembangan IKM Berbasis Inovasi Teknologi

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR –- Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Makassar menunjukkan komitmennya mendorong peningkatan daya saing Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Hal ini ditandai dengan dilaunchingnya program inkubasi IKM berbasis teknologi pada acara webinar dan Kick Off Pelaksanaan Program Inkubasi Industri dan Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi BBIHP, Kamis, 5 Agustus.

Sebanyak 31 IKM dari Kawasan Timur Indonesia (KTI) bakal dibina atau diinkubasi oleh BBIHP dari beberapa program. Di antaranya program IBT BBIHP dari 13 kabupaten yang diikuti 20 IKM. Kemudian program DAPATI Kemenperin sebanyak 6 IKM, dan program Startup Inovasi Indonesia (SII) PPBT BRIN sebanyak 5 IKM.

Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kementerian Perindustrian, Doddy Rahadi, mengatakan peran IKM sangat besar untuk pertumbuhan ekonomi nasional. Oleh karena itu dukungan agar IKM bisa berkembang terus diberikan oleh pemerintah.

“Apalagi saat ini kita berada pada tahapan yang diarahkan pada pencapaian keunggulan kompetitif yang berwawasan lingkungan. Salah satunya melalui penguatan struktur industri dan penguasaan teknologi,” ucapnya.

Upaya penumbuhan dan pengembangan IKM berbasis inovasi teknologi dapat dilakukan melalui optimalisasi dan inkubasi teknologi. Harapannya bisa menjadi sarana dan prasarana mendorong lahirnya wirausaha baru.

Menurutnya, langkah optimalisasi teknologi ini sejalan dengan kebijakan Kemenperin untuk menaikan nilai TKDN menjadi 50 persen pada tahun 2024. Sebagimana tertuang dalam RPJMN 2020-2024.

Kepala Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP), Setia Diarta, menjelaskan tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan salah satu program yang dikembangkan di lingkup Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kementerian Perindustrian. Yakni program inkubasi bisnis teknologi dan optimalisasi pemanfaatan teknologi.

Targetnya bisa mendukung berkembangnya IKM/Startup yang memiliki daya saing dan berbasis teknologi, dan mendukung program pemulihan ekonomi nasional.

Menurutnya, Peran inkubator sangat penting bagi wirausaha pemula, karena inkubator dirancang untuk membantu usaha baru dan yang sedang berkembang menjadi pengusaha yang mandiri.

News Feed