by

PPS Akuntansi  UMI, Prodi Magister Pertama di Indonesia  Raih Akreditasi Unggul

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR –- Setelah program studi (prodi) magister Ilmu Hukum dan Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) meraih Akreditasi Unggul.

“UMI dinyatakan sebagai kampus pertama yang meraih akreditasi unggul di Indonesia pada Magister Akuntansi-nya,” ungkap Ketua Prodi PPS Akuntansi UMI, Prof Mursalim Laekkeng, ASEAN, CPA, Jumat (6/8).

Resmi ditetapkan terakreditasi Unggul oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui terbitnya sertifikat akreditasi pada Selasa, 3 Agustus 2021

Menurut Prof Mursalim Laekkeng, yang merupakan orang pertama dan satu-satunya menyandang Guru Besar di kampung halamannya, Mangki Kabupaten Pinrang ini, PPS Akuntansi UMI menjadi program studi pertama yang berhasil meraih akreditasi Unggul.

“Ini di antara perguruan tinggi negeri dan swasta di luar Pulau Jawa. Bahkan saat ini, kami dapat infonya kalau ini yang pertama raih akreditasi Unggul antara PTS di Indonesia,” ungkap Mursalim.

Dikatakan pula Mursalim yang akrab disapa Calling ini, PPS Akuntansi UMI mendapat akreditasi tersebut sebab dilihat dari setiap alumni yang gencar membuat jurnal bereputasi.

“Mencapai hal tersebut, juga perlu usaha maraton, dimana untuk menyelesaikan semua berkas hanya butuh waktu 7 hari yang dikerjakan secara maraton yang di dampingi oleh LPM,” jelas Calling.

“Kami bersyukur karena Magister Akuntansi UMI ini selalu memperlihatkan eksistensinya. Sejak dibentuknya 2005 lalu,” terang Ketua II Asosiasi Pengelolal S2 Akuntansi se-Indonesia tersebut.

Sementara itu, Asisten Direktur II Pascasarjana UMI, Prof Sufirman Rahman mengatakan, akreditasi unggul yang di capai PPS Akuntansi UMI ini merupakan hasil konversi dari akreditasi A dengan sejumlah syarat penilaian dengan nilai tertinggi.

Akreditasi Unggul ini merupakan level tertinggi dari sistem Instrumen Suplemen Konversi (ISK). Prodi yang meraih akreditasi tersebut berstatus Baik Sekali dan Baik.

“Capaian ini kembali menaikkan nama UMI, sehingga semakin membuat masyarakat bisa menjadikan sebagai kampus pilihan,” sebut Sufirman.

Saat ini, tercatat alumni PPS Akuntansi mencapai 888 orang. Ini dengan umur 16 tahun. (wis/muklis/fajar)

News Feed