by

Dukung Festival Kopi di Mesir, Indonesia Buka Ajang Lomba Top Barista

FAJAR.KORAN.CO.ID, CAIRO — Pemerintah Indonesia melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Cairo telah berkomitmen secara maksimal menggunakan pendekatan diplomasi kopi dalam rangka mengenalkan komoditas kopi unggulan kepada warga Mesir.

Belum lama berselang penyelenggaraan Diplomasi Kopi, baik di Cairo maupun di kota-kota lainnya di Mesir, KBRI Cairo kembali berpartisipasi dalam Festival Kopi yang ditandai dengan dibukanya lomba Top Barista yang menghadirkan para Barista kopi Mesir papan atas serta pameran produk dari beragam perusahaan pengolah kopi Mesir.

“Ini benar-benar waktu yang tepat untuk memperkenalkan kopi Indonesia dalam Ajang lomba Top Barista. Meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir, para pelaku bisnis Kopi Mesir bisa tetap agresif mengimpor Kopi terbaik Indonesia dengan berbagai ragam aroma dan citarasanya” tutur Dubes RI untuk Mesir, Lutfi Rauf dalam sambutan pembukaan Lomba Top Barista dalam rangkaian Festival Kopi yang digelar pada 5-7 Agustus 2021 di Hotel Tolip Al Nagres, New Cairo.

Duta Besar juga mengharapkan agar pengusaha kopi yang hadir, selain tetap menikmati kopi-kopi Indonesia yang berasal dari Sumatera, Jawa, dan Sulawesi, juga para penggiat kopi dapat mengambil kesempatan untuk mencoba kopi Papua.

Kopi Papua memiliki aroma dan cita rasa tersendiri dengan varietas Kopi Baliem, Kopi Moanemani, Kopi Amungme, dan Kopi Pegunungan Bintang.

Ehab Fayoumi selaku penyelenggara dan CEO Fayoumi Coffee yang berdiri sejak 1938 menerangkan, Festival Kopi ini akan terus dikembangkan untuk memperkenalkan lebih banyak lagi varian kopi dunia, termasuk dari Indonesia.

Pada acara lomba Barista ini, beberapa Top barista dari perusahaan kopi Mesir ikut berpartisipasi dan menggunakan produk kopi Indonesia yang sudah diracik dan dikemas ala Mesir yang diolah dengan campuran rempah rempah.

“Fayoumi mengimpor 70% kopi yang berasal dari Indonesia dari total impor dari dunia,” ungkap Ehab Fayoumi.

Lanjut Ehab, Festival ini sebagai perayaan bersama “perjalanan rasa” para pencinta kopi dengan menghadirkan beberapa perusahaan kopi di antaranya El Ameed Coffee, el fayoumi coffee, Espresso Coffee club, el Malik Shaleh Abdel Ma’bud, Alpacino coffee, three corners coffee, latazza coffee, cafe Milano dan beberapa booth yang menawarkan pernak-pernik dan mesin penggiling kopi manual.

News Feed