by

Makmur Ajie; Sang Penyelam Berjiwa Sosial Alumni SMPN 5 Makassar

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR — Nama Makmur Ajie Panangian, mendadak viral beberapa waktu lalu. Itu berkat aksi penyelaman yang dilakukan saat mengevakuasi korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Dia satu-satunya penyelam dari Makassar dan Sulsel yang ikut dalam aksi kemanusiaan tersebut.

Ternyata, bukan kali ini saja Ajie ikut dalam misi kemanusiaan SAR. Penyelam yang tergabung dalam relawan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) tersebut pernah dilibatkan dalam evakuasi kapal feri KM Lestari di perairan Selayar dan juga kecelakaan pesawat Lion Air JT-610 di perairan Tanjung Karawang.

Makmur Ajie yang kini berusia 59 tahun, ternyata alumni SMP Negeri 5 Makassar angkatan 1979. Kepada FAJAR yang menemuinya di sela-sela persiapan Temu Nasional (Tenas) Keluarga Besar Alumni (KBA), Ayah tiga anak itu mengaku hidupnya memang diwakafkan untuk menolong orang lain. Terkhusus aksi kemanusiaan.

“Hidup saya untuk melakukan aksi sosial dan aksi kemanusiaan. Pada usia lebih setengah abad ini, saya mendedikasikan keterampilan menyelam dalam tugas kemanusiaan,” ujar Makmur yang memiliki motto hidup enjoy your life dan positif thinking dalam hidup.

Disinggung soal pelaksanaan Tenas SMPN 5 Makassar,  Makmur yang tergabung dalam Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) menyatakan bahwa kegiatan itu sangatlah positif. Sebab, menjadi wadah menyatukan seluruh alumni dengan latar belakang yang berbeda-beda. Dia pun mengajak seluruh alumni SMPN 5 Makassar, untuk menyukseskan dan menyemarakkan Tenas tersebut. Sebab, kata dia, hanya lewat Tenas ini semua alumni yang sudah terpisah-pisah akan disatukan. Tidak lagi bermacam-macam warna, tetapi satu warna dalam bingkai KBA SMPN 5 Makassar.

“Tenas akan menyatukan seluruh alumni dan ini sesuatu yang sangat luar biasa. Karena dalam satu tempat akan berkumpul para alumni dengan berbagai latar belakang. Kita juga bisa saling bantu membantu. Itu hal yang paling utama. Harapan saya juga kepada anak-anakku di SMPN 5 yang sekarang sedang menuntut ilmu, turut menyukseskan Tenas ini,” harapnya.

Sekadar informasi, acara puncak Tenas KBA SMPN 5 Makassar akan dilaksanakan Desember 2021 mendatang. Rangkaian kegiatan sudah mulai digelar Agustus ini dengan joging bersama di Lapangan Karebosi sekaligus launching baju Tenas. Beberapa rangkaian kegiatan juga dilaksanakan sepanjang Agustus hingga Desember. Termasuk seminar yang menghadirkan tokoh-tokoh nasional.(ram)

News Feed