by

Villa Sumatra, Kedai Kopi Specialti Indonesia Pertama Diresmikan di Mesir

FAJAR.KORAN.CO.ID, KAIRO — Belum lama berselang Diplomasi Kopi Indonesia digelar di beberapa Provinsi Mesir, berbagai kegiatan promosi dan peningkatan ekspor kopi Indonesia makin gencar diupayakan.

Setelah sebelumnya lomba barista dengan kopi asal Indonesia dibuka pada Festival Kopi yang diselenggarakan di Kairo, maka pada hari ini, Minggu (8/8/2021), Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf juga secara resmi membuka Kedai Kopi Villa Sumatra, yang merupakan Kedai Kopi Specialti asal Indonesia pertama yang ada di Mesir. 

Kedai Kopi yang bertempat di kawasan elit Medical Park Premier (MPP) New Cairo khusus menyajikan aneka kopi specialti pilihan asal Indonesia dari jenis kopi Arabika, berbeda dari kebanyakan biji kopi Robusta yang sudah sangat banyak diimpor oleh pelaku usaha kopi Mesir pada umumnya.

“Meski cobaan pandemi covid-19 masih berlanjut, Kami akan terus memberikan dukungan dan perhatian yang penuh bagi para pelaku usaha kopi, khususnya penggiat Kopi Specialti di Mesir. Harapan kami dengan telah diresmikannya Kedai Kopi Specialty ‘Villa Sumatra’ ini, Kopi unggulan Indonesia semakin meningkat pasarnya di Mesir, yang juga dapat menjadi hub untuk eksportasi kopi specialti Indonesia ke negara lainnya,“ ungkap Dubes Lutfi pada sambutan peresmian Kedai Villa Sumatra.

Pendiri dan Pemilik Kedai Kopi Villa Sumatra, Haytham Shawkat Husein, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas dukungan KBRI Kairo dalam upaya importasi kopi specialti dari Indonesia hingga pendirian kedai kopi Villa Sumatra.

Haytham berharap, pada saat pandemi menurun, pihaknya akan kembali berkunjung ke Indonesia untuk mencari dan membawa lebih banyak lagi kopi specialti lainnya yang banyak tersebar di wilayah Sumatera, Sulawesi, Jawa, Flores. dan Papua. Selain itu, pihaknya juga tengah membidik pasar produk tanaman herbal Indonesia.

Dalam peresmian Villa Sumatra ini, turut hadir secara virtual, Daryanto Witarsa, Ketua Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), dan Dr. Delima Hasri Azahari, Ketua Dewan Pembina SCAI, yang secara interaktif juga berkesempatan melihat acara peresmian dan melakukan komunikasi langsung secara daring dengan Haytham.

News Feed