by

Dosen PNUP Ajari Pesantren Buat Laporan Keuangan

FAJAR.KORAN.CO.ID, GOWA — Demi  meningkatkan pengetahuan pesantren akan pentingnya pencatatan akuntansi, kali ini Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melakukan pengabdian di pesantren.

Dipilih pesantren Ashabul Jannah yang ada di Bolangi, Kabupaten Gowa. Akuntansi pesantren dikeluarkan oleh Bank Indonesia dan Ikatan Akuntan Indonesia pada tahun 2018.

Namun masih banyak pesantren di Indonesia  yang tidak memahami dan menerapkan akuntansi pesantren sesuai dengan aturan yang telah dikeluarkan.

Salah satunya adalah  Pesantren Ashabul Jannah. Pesantren ini berdiri sejak tahun 2018, namun belum melakukan pencatatan atas aset tetap yang dimiliki. Selain itu belum menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar pelaporan yang berlaku.

Ketua Tim Pengabdian dan Dosen Jurusan Akuntansi PNUP, Andi Nurul Istianah mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pembimbingan dan pendampingan terhadap pengurus pesantren.

Kata andi Nurul, hasil dari kegiatan ini adalah pihak mitra yaitu pihak pesantren akan mampu membuat pelaporan keuangan yang sesaui dengan standar akuntansi pesantren.

“Kami harap  pesantren akan memberikan pelaporan keuangan yang transparan, serta aset tetap yang ada pada pesantren dapat dilaporkan kepada para donatur,” ucapnya. (wis/mukhlis/fajar)

News Feed