by

Hikmah 1 Muharram, UBN: Pandemi Bisa Jadi Rahmat

KORAN.FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Kondisi pandemi saat ini dinilai hampir sama situasinya saat fase-fase hijrah Rasulullah SAW yang penuh cobaan dan ujian. Sehingga pandemi ini bisa menjadi keberuntungan bagi pencari rahmat Allah.

Pimpinan AQL Islamic Center, KH Bachtiar Nasir, mengingatkan, malam tahun baru hijriyah merupakan momen kebahagiaan dan kebanggan orang Islam. Tahun baru Islam menjadi momen untuk memperbaharui hijrah dengan menjadi muslim yang berintegritas, serta menjadi pendakwah yang sungguh-sungguh mensyiarkan nilai-nilai Islam.

“Masa pandemi adalah masa seleksi. Pandemi adalah rahmat untuk mereka yang sungguh-sungguh beriman, mencari rahmat Allah, tapi saat yang sama pandemi ini menjadi penghinaan kepada mereka yang kufur kepada nikmat rahmat seperti ini,” kata UBN.

Hijrah memiliki makna yang sangat luas. Tak hanya berpindah dari perilaku buruk menjadi insan berahlak mulia. Tak hanya pindah dari lingkungan maksiat lingkungan iman. Lebih dari itu, seseorang harus hijrah dari perilaku malas karena kebijakan work from home (WFH) akibat pandemi. “Jangan jadi pemalas karena WFH,” begitu pesan UBN.

Pandemi adalah rahmat. Maka keberuntungan akan datang bagi mereka yang sungguh-sungguh mencari rahmat Allah. Bukan duduk berpangku tangan, namun tetap produktif dengan semua nikmat kemudahan yang telah disediakan.

“Rahmat pandemi hanya untuk mereka yang tidak malas-malasan dan bersungguh-sungguh berdakwah di jalan Allah,” ucap UBN.

Pesan ini disampaikan UBN saat milad ke-13 Lembaga dakwah Ar-Rahman Qur’anic Learning (AQL) Islamic Center pada 1 Muharram 1443 H yang digelar di Pondok Pesantren AQC, Bogor, Jawa Barat. Bagi insan AQL, 13 merupakan angka yang sangat spesial. Bertahan satu dekade menyiarkan nilai-nilai Islam.

Milad ke-13 AQL Islamic Center mengingatkan pada perjalanan hijrah Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah pada tahun ke-13 kenabian. Sebuah potongan sejarah yang menjadi momen penting bagi umat Islam.

13 tahun menjadi akhir fase Makkah bukan sesuatu yang kebetulan.

Kala itu ujian bertubi-tubi kepada Rasulullah SAW. Beliau diuji dengan banyak cobaan. Cacian maki menjadi makanan sehari-hari. Ancaman pembunuhan datang silih berganti. Ragam rintangan dakwah beliau lewati hingga turun perintah hijrah pada tahun ke-13 kenabian.

News Feed