by

Pangkoopsau II Buka Latihan Sikatan Daya Tahun 2021

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR — Panglima Komando Opersi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) II Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P. selaku Pimpinan Umum Latihan membuka secara resmi Latihan Antar Satuan Koopsau II Sikatan Daya Tahun 2021, secara virtual di Ruang Rapat Suryadi Suryadarma Makoopsau II, Makassar, Kamis (12/8/2021)

Pembukaan Latihan dihadiri Kepala Staf (Kas) Koopsau II Marsma TNI Widyargo Ikoputra, S.E., M.M. selaku Wakil Pimpinan Umum Latihan, para pejabat Koopsau II, dan Komando Latihan, serta Pelaku Latihan Sikatan Daya 2021 di satuan jajaran Koopsau II melalui video conference.

Dalam sambutanya, Pangkoopsau II mengatakan, latihan Sikatan Daya 2021 ini merupakan program latihan antarsatuan Koopsau II yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut, dengan tujuan untuk menguji kesiapan satuan-satuan dalam jajaran, sekaligus membina tingkat profesionalisme satuan-satuan yang berada di jajaran Koopsau II.

Pangkoopsau II mengakui, pelaksanaan gladi posko akan diselenggarakan secara virtual, mengingat pendemi covid-19 masih belum mereda. “Sehingga, ada keterbatasan dalam pelaksanaan latihan tahun ini.  Namun esensi dari latihan ini tidak berkurang, bahkan dapat kita jadikan tantangan untuk mensukseskan pelaksanaan latihan,” ungkapnya.

Meski demikian, Pangkoopsau II menegaskan, dalam pelaksanaan maneuver lapangan nanti, pergeseran skadron atau skadron move akan diminimalisasi dengan memanfaatkan kemampuan air refueling serta jaringan komando pengendali (Kodal) yang digelar.

Sekadar diketahui, latihan Sikatan Daya tahun-tahun sebelumnya, diselenggarakan di Rembiga Kabupaten Lombok Barat, dengan mengerahkan sejumlah pesawat tempur untuk melakukan latihan pengeboman di pesisir Pantai Rembiga, seperti pesawat tempur F-16 dari Lanud Iswahjudi Madiun, A4-Sky Hwak (kini diganti pesawat tempur canggih Sukhoi-SU 27/30) dari Lanud Sultan Hasanuddin, termasuk alat utama sistem persenjataan (Alutsista) lainnya.

Tapi kali ini, seperti ditegaskan Pangkoopsau II, Marsda TNI Minggit Tribowo, Latihan Sikatan Daya 2021 menggunakan konsep latihan yang baru, yakni melaksanakan latihan secara bersama-sama dengan Mision Comanders Course dan latihan satuan Wing 2 Paskhas/Harda Marutha. 

“Konsep latihan baru tersebut, memiliki tantangan tersendiri dalam merencanakan dan mensinkronkan jenis-jenis latihan sesuai kemampuan satuan,” terang Pangkoopsau II.

News Feed