by

Cetak Pengusaha Baru, Ini yang Dilakukan KAHMIPreneur

KORANFAJAR. CO. ID, MAKASSAR– KAHMIPreneur terus mencetak pengusaha baru melalui program YOUNG Entrepreneur Summit (YES).

KAHMI menggandeng Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kegiatan yang digelar secara daring ini dihadiri 500 mahasiswa FEB Unismuh.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak para mahasiswa turut serta dalam upaya pemulihan ekonomi, khususnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dia menegaskan, Pandemi Covid-19 memberikan dampak signifikan terhadap perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Namun, pihaknya harus tetap semangat untuk bangkit, mengingat ada 34 juta masyarakat menggantungkan hidupnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Mahasiswa harus menjadi agen perubahan, jangan jadi agen rebahan. Mahasiswa harus menjadi pemain dan penggerak ekonomi bangsa,” katanya. 

Berdasarkan sensus penduduk tahun 2020, kaum milenial dan generasi Z tercatat mendominasi sebesar 53 persen atau sekitar 90 juta orang dari penduduk Indonesia. Diperlukan peran serta mahasiswa sebagai generasi muda, untuk menjadi agen penggerak ekonomi Indonesia.

Menurutnya, Kemenparekraf mengembangkan berbagai program agar pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dapat bertahan di tengah pandemi. Di antaranya Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) 2021, dengan total anggaran kurang lebih Rp60 miliar.

“Saat ini sudah masuk tahap seleksi dan kurasi, ” Ujar Sandiaga.

Kemudian, program BEKUP (Baparekraf for Startup) untuk mendukung pertumbuhan start up digital dan meningkatkan nilai ekonomi digital di Indonesia, melalui mentoring dan up skilling. Lalu, Kemenparekraf juga akan memfasilitasi pelatihan bagi 600 calon wirausaha muda di 5 destinasi super prioritas dan Bali. Calon wirausaha muda akan dilatih terkait pitching dan proses matchmaking dengan calon investor.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga menceritakan perjalanan bisnisnya. Menurut Sandi, bisnis yang laris manis adalah bisnis yang dimulai saat krisis. Ia  menjadi pengusaha karena di-PHK pada tahun 1997, setelah 25 tahun lebih membangun usaha yang bergerak di bidang keuangan tersebut, ia sudah membuka lapangan kerja bagi 30 ribu lebih karyawan.

News Feed