by

Karbala Siap Menyambut Peringatan 10 Asyura

-Event, Fajar-239 views

FAJAR.KORAN.CO.ID, BAGHDAD — Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan 10 Asyura tahun dinantikan oleh kaum Syiah. Umbul-umbul dan bendera yang memperlihatkan visualisasi Husein bin Ali, yang dianggap sebagai imam ketiga di antara 12 Imam Syiah telah bertebaran di jalan, maupun di depan rumah warga.

Dengan ciri khas bendera warna hitam, merah dan hijau warga Syiah Irak bersiapmenyambut 10 Muharram, atau juga dikenal dengan hari kesedihan dan kesuraman bagi kaum Syiah.

Pada tanggal 10 Muharram tahun 61 H bertepatan dengan 10 Oktober 680 M, Husein bin Ali dibunuh di Karbala oleh pasukan Umar bin Saad. Sinan bin Anas salah seorang tentara Umar bin Saad memenggal kepalanya, lalu tubuhnya dimakamkan di Karbala, dan kepalanya, menurut riwayat Syiah juga dikuburkan di tempat yang sama.

Peristiwa inilah yang kemudian diperingati oleh kaum Syiah setiap tahun, bahkan untuk menyelami penderitaan Husein tidak sedikit kaum Syiah yang memukul-mukul tubuhnya dengan cambuk atau dengan benda lain hingga berdarah.

Seperti disampaikan Direktur Kajian Timur Tengah, Amirullah Kandu, Jumat (13/8), persiapan peringatan 10 Asyura pada tahun ini sangat istimewa mengingat ancaman keamanan di Irak masih berkategori rawan. Ancaman terorisme ISIS yang saat ini sedang bangkit terjadi di mana-mana.

Akhir bulan lalu teroris ISIS menembak mati rombongan pemakaman jenazah di Provinsi Salahdin dan menewaskan 35 orang serta melukai 65 orang.  

Bahkan yang teranyar, pada tanggal 10 Agustus 2021 lalu Walikota Karbala Abir Salim Al-Khafaji ditembak mati oleh orang tak dikenal pada saat meninjau lokasi demonstrasi di tengah kota Karbala, meski sehari setelah insiden, tersangka pelaku penembakan ditangkap aparat keamanan setempat.  

“Untuk meningkatkan keamanan pada saat perayaan, Humas Kepolisian Provinsi Karbala Ala Abbas Al-Ghanami menyatakan pihaknya telah mengkatifkan total 1600 unit kamera, 650 unit baik dipasang di pusat perayaaan maupun di lokasi-lokasi sekitarnya untuk mengantisipasi serangan kelompok teroris,” ungkap Amirullah Kandu.

Menurutnya, Gubernur Provinsi Karbala Nashif Jasim Al-Khathabi menyatakan pihaknya telah sepenuhnya mensukseskan perayaan Hari Asyura tahun ini.

News Feed