by

Implementasi Perhutanan Sosial dalam Wujud KKN Unhas di Bumi Sawitto

FAJAR.KORAN.CO.ID, PINRANG  — Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas tematik perhutanan sosial yang bekerja sama dengan Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) Sulawesi melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek).

Kegiatan yang menghadirkan kelompok tani, peserta KKN Unhas gelombang 106, dan local champion, berlangsung di kantor Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Sawitto Kabupaten Pinrang, Minggu (15/8/2021).

Acara yang dirangkaikan dengan penarikan peserta KKN Unhas Gelombang 106 ini dibuka langsung Asisten 1 Kabupaten Pinrang, Drs. H. Aswadi Haruna, M.Sc.

Kesempatan ini, Aswadi atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang,  menyampaikan terima kasih kepada pihak Universitas Hasanuddin, BPSKL Sulawesi, dan KPH Sawitto atas pengabdian yang telah dilakukan selama lebih kurang 2 bulan di Kabupaten Pinrang.

“Saya mewakili pihak Pemkab juga, meminta agar gelombang berikutnya ada lagi program sejenis dilakukan agar dapat berkelanjutan,” harap Aswadi.

Kepala KPH Sawitto Kabupaten Pinrang, Andi Arman, S.Hut, juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas program perhutanan sosial ini.

Menurut pria kelahiran Sidrap ini, sebelum program perhutanan sosial ini hadir, pihak KPH sangat kewalahan menghadapi konflik-konflik yang ada di kawasan hutan lindung.

“Jadi sebelum ada program perhutanan sosial ini, terus terang kami sangat kewalahan, jika ada warga datang dilarang menebang di kawasan mereka mengeluh tidak bisa makan (mata pencaharian). Kalo dibiarkan kami yang salah karena terjadi pembiaran, jadi kami serba salah,” ungkap Andi Arman.

Koordinator dosen pembimbing KKN (DPK), Dr. Ir. Faisal memberi pengarahan kepada peserta KKN terkait laporan akhir KKN sekaligus menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak pemerintah daerah dan KPH Sawitto yang telah mendampingi peserta KKN selama ini di Kabupaten Pinrang.

Kegiatan yang dimoderatori Mustamin, S.Hut dan Rezky Faradysha, S.Pd dari BPSKL Sulawesi, diawali dengan materi Perhutanan Sosial dari Andi Arman selaku kepala KPH Sawitto.

Dilanjutkan Dr. Ilham Alimuddin, ST., M.Gis bersama Nosakros Arya, S.Sos, M.I.Kom. dengan materi Program KKN Tematik Perhutanan Sosial sebagai Wujud Peran Unhas dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat.

News Feed