by

Amran Gelorakan Spirit Pejuang di HUT ke-76 RI

FAJARKORAN.CO.ID,WAJO — Rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tingkat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo, Sulawesi Selatan, telah selesai. Dikemas sesederhana mungkin karena pandemi Covid-19, tetapi tetap sarat makna dan esensi.

Dimulai dari pengukuhan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) sebanyak 70 Orang dilanjutkan apel kehormatan dan renungan suci, Senin (16/8/2021). Seluruh rangkaian kegiatan ini dihadiri Bupati Wajo, Amran Mahmud, Wakil Bupati Wajo, Amran, Pj Sekda Wajo, Andi Ismirar Sentosa, dan jajaran Forkopimda.

Lalu, hari ini, Selasa (17/8/2021) yang puncak acara, seluruh elemen yang terlibat dalam perayaan HUT kemerdekaan RI, sudah sibuk sedari pagi. Bupati, Wakil Bupati, Forkopimda, dan Pj Sekda Wajo mengikuti upacara pengibaran sang merah putih di Lapangan Merdeka.

Pada kesempatan ini, pemerintah daerah menyerahkan paket bingkisan kepada perwakilan legiun veteran Wajo yang hadir. Kemudian dilanjutkan mengikuti peringatan detik-detik proklamasi di Istana Merdeka secara virtual.

Setelah itu, dilanjutkan mengikuti upacara pemberian remisi secara virtual di Kantor Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Sengkang.

Kemudian pada sore harinya, dilaksanakan upacara penurunan bendera. Seluruh susunan acara berjalan lancar. Meski hujan sempat mengguyur Lapangan Merdeka, upacara penurunan tetap berlangsung khidmat.

Penurunan bendera pun dilaksanakan sesuai komposisi undangan pagi tadi. Undangan dibatasi Forkopimda, pimpinan dan anggota dewan, kepala perangkat daerah termasuk camat, perwakilan legiun veteran Wajo, serta undangan lainnya.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Wajo, Amran Mahmud. Sebagaimana pengibaran tadi pagi, upacara penurunan bendera sore ini menggunakan kekuatan yang sama.

Sebanyak 70 orang Paskibraka, dengan komposisi kelompok Nusa 17 personel, kelompok Garuda 8 personel, dan kelompok Bangsa-Bangsa 45 personel.

Usai upacara, Amran Mahmud mengajak masyarakat dan semua jajarannya untuk memaknai peringatan kali ini sebagai momentum dalam memerdekakan diri dan bangsa dari Covid-19.

Caranya, taat protokol kesehatan dengan melakukan 5 M, yakni menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

News Feed