by

Bank Indonesia dan Unhas Kuliah Umum oleh Deputi Gubernur Senior

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR  —  Bank Indonesia (BI) Wilayah Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin menyelenggarakan kuliah umum bertajuk Program BI Mengajar. Berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin (16/8).

Kuliah umum ini mengusung tema “Memperkuat Inovasi, Sinergi dan Kepedulian Sosial Sebagai Kontribusi Bagi Pemulihan Ekonomi Nasional”. Hadir sebagai narasumber utama adalah Destry Damayanti, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia.

Kegiatan resmi dibuka Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Dalam sambutannya, dia mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kolaborasi yang selama ini terjalin. BI merupakan salah satu mitra terbaik Unhas yang secara aktif mendukung berbagai upaya strategis, utamanya dalam program beasiswa kepada para mahasiswa Unhas.

“Senang sekali Unhas bisa mendapatkan kepercayaan untuk kembali bekerja sama dalam program BI mengajar dengan narasumber yang sangat luar biasa seperti Ibu Destry. Kegiatan ini akan semakin memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para peserta tentang kebanksentralan,” jelas Prof. Dwia.

Pada kesempatan tersebut, Destry memaparkan materi “Memperkuat Sinergi, Inovasi dan Inklusivitas, Meningkatkan Kontribusi bagi Perekonomian Nasional”. Secara umum, ada tiga fokus utama yang beliau jelaskan, yaitu Bank Indonesia sebagai Bank Sentral, Kondisi Perekonomian dan Kebijakan Bank Indonesia Terkini, serta Ekonomi Keuangan Digital.

Destry mengatakan dalam definisi yang sederhana, Bank Sentral memiliki tugas untuk mengatur jumlah uang beredar. Dengan tujuan tunggal sesuai Pasal 7 Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 3 Tahun 2004  dan UU Nomor 6 Tahun 2009, yakni menjaga serta mendukung terhadap barang dan jasa maupun nilai tukar mata uang negara lain.

“Tugas dan peran Bank Sentral di suatu negara adalah menjaga stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan, dan stabilitas sistem pembayaran, untuk menunjang pertumbuhan ekonomi yang sehat, berkesinambungan,  dan inklusif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Destry.

Kuliah Umum ini hadir sebagai media peningkatan literasi masyarakat terhadap Bank Sntral melalui kegiatan pengajaran yang komunikatif. Selain itu, juga menjadi wadah memberikan informasi kepada masyarakat secara meluas terkait peran BI.

News Feed