by

Unhas Lepas dan Terima 237 Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR  — Universitas Hasanuddin melepas 237 mahasiswa outbound dan menerima 237 mahasiswa inbound pada kegiatan Penerimaan dan Pelepasan Mahasiswa Merdeka. Kegiatan berlangsung terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin (16/8).

Kegiatan dihadiri Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, M.P, Direktur Pendidikan Unhas, Dr. Ida Leida M, SKM., M.KM., M.ScPH, dan Kepala Sub Bagian Pengembangan Pendidikan, Makkarennu, S.Hut., M.Si., Ph.D.

Turut hadir pihak Kemdikbudristek yakni, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., IPU., Asean Eng., dan Ketua Tim Pokja Pertukaran Mahasiswa program MBKM Kemdikbudristek, Andi Ilham Makhmud.

Dalam video sambutannya, Prof. Nizam menyampaikan bahwa program Merdeka Belajar adalah salah satu aksi nyata untuk memastikan mahasiswa memiliki kompetensi dan kemampuan yang dibutuhkan bagi perubahan dan tantangan dalam peluang mewujdkan Indonesia Emas.

“Mahasiswa dipersiapkan demi terwujudnya sumber daya manusia yang fleksibel, kreatif dan inovatif serta mempunyai karakter akhlak yang mulia. Memiliki semangat merah putih yang ada di dada dan siap membangun negeri, sehingga menjadi generasi muda yang berdaya saing,” jelas Prof. Nizam.

Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., secara resmi melepas dan menerima pertukaran Mahasiswa Merdeka. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa program pertukaran mahasiswa merdeka sebagai upaya pertanggungjawaban untuk menjadikan mahasiswa sebagai sumber daya unggul untuk menopang Indonesia maju, Indonesia tangguh.

“Dalam program ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk berinteraksi lebih meluas dengan lembaga yang berbeda dari universitas bersama mahasiswa dari berbagai wilayah,” jelas Prof.Dwia.

Lebih lanjut, Prof. Dwia menyampaikan kepada mahasiswa yang nantinya telah lulus menyelesaikan program MBKM, dapat memanfaat setiap proses yang dijalani. Sehingga, diharapkan mahasiswa dapat menyalurkan kreativitasnya kelak dalam dunia kerja melalui jejaring yang telah dimiliki.

Pertukaran mahasiswa merdeka Unhas berkesempatan mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi negeri, seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjajaran (Unpad), Institut Teknologi Bandung (ITB). Sedangkan, Unhas menerima 237 mahasiswa dari 30 perguruan tinggi di Indonesia.

News Feed