by

Rektor UGM dan Uniba Pimpin Forum Rektor PII

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR –-  Rektor UGM Prof Panut dan Rektor Universitas Balikpapan (Uniba) Dr. Isradi zainal terpilih menjadi Ketua dan sekjen Forum Rektor Persatuan Insinyur Indonesia (FR-PII) sesaat setelah launching FR-PII yang dipimpin oleh Ketua umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Dr. Heru Dewanto dan sejumlah Rektor yang berlatar belakang PII/Insinyur, Selasa (17/8/2021).

Acara ini merupakan rangkaian dari Webinar dan Talkshow yang dihadiri oleh Ketua umum PII dan sejumlah Rektor di antaranya Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) , Rektor Universitas Syahkuala (USK) Aceh, Rektor Universitas Tarumanagara (Untar), Rektor Universitas Esa Unggul (UEU), Rektor Universitas Tunas Pembangunan (UTP), Rektor Universitas Balikpapan (Uniba), Rektor Universitas Pertahanan (Unhan), Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsram), Pembina DWK Kalimantan, sejumlah wakil Rektor, sejumlah Dekan, dll.

Pertimbangan Penetapan Panut sebagai Ketua FR-PII karena saat ini beliau menjabat selaku Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) dan dianggap memiliki pengaruh dan jaringan nasional dan internasional.

Sementara Isradi zainal dianggap memiliki kemampuan mensinerjikan para Rektor anggota PII/ berlatar belakang Insinyur dan menduduki sejumlah jabatan strategis di lembaga keinsinyuran di antaranya sekjen Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI), wakil ketua BKM PII, Ketua PII Kaltim dan Sekretaris Majelis Akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Teknik (MA-LAMTEK) .

Posisi keduanya dianggap strategis untuk menjalankan organisasi Forum Rektor PII. Keduanya juga adalah pendiri Forum Rektor PII bersama dengan ketua umum PII bersama sejumlah Rektor. Panut dan Isradi pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik di Universitas masing masing.

Penetapan Ketua dan Sekjen Forum Rektor PII di tanggal 17 Agustus 2021 akan dijadikan sebagai hari lahir Forum Rektor PII dan akan diperingati setiap tahun oleh FR-PII dan Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Dalam setiap tahunnya acara ini akan disinerjikan dengan hari kebangkitan teknologi nasional (Hakteknas) di setiap tanggal 10 Agustus.

PII dan FR-PII juga sepakat untuk memperingati Hakteknas dan Hari Kemerdekaan setiap tahunnya dan menamakannya sebagai Pekan Hakteknas – Hari Kemerdekaan disingkat Pekan Hakteknas Merdeka yang kegiatannya akan dilaksanan pada tanggal 10-17 Agustus. (nsrn/mukhlis/fajar)

News Feed