by

Meski Zona Merah Covid-19, Angka Kesembuhan di Wajo Tergolong Tinggi

FAJARKORAN.CO.ID, WAJO — Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Wajo, menghimbau dan mengingatkan kepada semua lapisan masyarakat untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Meski angka kesembuhan positif corona tergolong tinggi Wajo jika dibandingkan sejumlah daerah lain di Indonesia, namun angka penyebaran virus ini termasuk cepat.

Sesuai data, Wajo yang sebelumnya sempat masuk zona hijau atau minim kasus Covid-19, saat ini dinyatakan masuk zona merah bersama sejumlah daerah lain di Sulsel. Hal itu disebabkan banyaknya temuan warga yang terjangkit, baik yang bergejala, maupun orang tanpa gejala, termasuk jumlah yang meninggal akibat virus ini serta beberapa indikator lainnya.

Dari 24 kabupaten/kota di Sulsel tidak ada lagi yang zona hijau atau nihil kasus. Rata-rata masuk kategori zona merah dan zona orange atau beresiko tinggi dan sedang.

Dihimpun dari data Satgas Penanganan Covid-19 Kab. Wajo, saat ini jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kab. Wajo sebanyak 1.289 Orang. “Adapun jumlah kasus aktif per hari ini sebanyak 130 Orang, 28 orang diantaranya sedang di rawat dan 102 orang lainnya isolasi mandiri. Angka kematian karena covid-19 sebanyak 53 orang dan 1.106 orang sudah dinyatakan sembuh. Khusus hari ini jumlah yang sembuh sebanyak 20 orang dan tidak ada penambahan kasus” Kata Safaruddin, Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kab. Wajo, Rabu, 18 Agustus 2021.

Selain itu, lanjut Safaruddin, peningkatan kasus juga didapatkan karena tim Satgas aktif melakukan testing dan tracing. “Termasuk juga pengetatan untuk pelaporan warga yang keluar masuk sampai ke tingkat dusun/lingkungan” Ucapnya.

Safaruddin juga menambahkan, berbagai langkah terus digalakkan dalam menekan penyebaran corona. Mulai vaksinasi, penerapan sanksi, operasi yustisi dari gabungan TNI, Polri dan Satpol PP Damkar, hingga memberikan edukasi kepada warga.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Wajo, Dr, drg Hj Armin, menyebutkan Kendati masih ada 130 kasus aktif dan Wajo masuk zona merah, namun bed occupancy rate (BOR) di dua rumah sakit yang ada di Wajo mulai menurun ketimbang pekan lalu.

News Feed