by

Taliban Berkuasa Salahkah?

Penulis: Edi Abdullah

Jabatan: Widyaiswara Muda/Pengamat/Pengajar Isu Kontemporer Pada Puslatbang KMP LAN RI

Kelompok Taliban akhirnya sukses berkuasa kembali di Afghanistan setelah Amerika Serikat menarik prajuritnya dari negara itu. Kini hampir semua kota dan provinsi di Afganistan dikuasai Taliban tak terkecuali Kota Kabul, Istana Presiden pun telah jatuh ke tangan Taliban setelah Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani melarikan diri keluar dari negaranya.

Dalam kilasan sejarah, Afghanistan invasi militer yang dilakukan Amerika Serikat dan sekutunya dimulai pasca serangan 11 September 2001. Amerika menuding ketelibatan Al-Qaedah di balik serangan tersebut yang kemudian didukung pemerintahan Taliban. Amerika melalui NATO kemudian melakukan invasi militer ke Afghanistan yang dikuasai Taliban sejak tahun 1996 sampai 2001. Invasi militer Amerika Serikat sukses meruntuhkan taliban dari kekuasaannya.

Pasca invasi tersebut Amerika Serikat beserta sekutunya menguasai Afghanistan dari tahun 2001 sampai 2021. Kurang lebih dua dasawarsa Amerika menguasai Afghanistan, dengan ribuan serdadu dan tentaranya yang didukung dengan berbagai peralatan tempur yang super canggih.

Kurang lebih 20 Tahun Amerika menguasai Afghanistan dan berperang melawan Taliban. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden pun telah mengumumkan akan menarik habis pasukannya dari Afghanistan sebelum 31 Agustus 2021. Selama 20 tahun menginvasi, tentara AS yang tewas diperkirakan mencapai kurang lebih 2.300 orang.

Kini kelompok Taliban yang yang dipimpin sosok, Mullah Abdul Ghani Baradar, telah menguasai seluruh Afghanistan dalam waktu yang cukup singkat. Hanya 10 hari pasca Amerika Serikat menarik seluruh pasukannya.

Amerika Serikat bisa dikatakan gagal dalam program invasinya ke Afghanistan yang sebelumnya ingin menghancurkan Al-Qaedah lalu Taliban. Akan tetapi, saat ini justru sebaliknya Taliban semakin kuat, jika sebelumnya kedatangan mereka ke Afghanistan dengan Invasi militernya adalah meruntuhkan Taliban dari kekuasaannya dan sukses, kini kepergian Amerika dari Afghanistan justru meninggalkan Taliban yang saat ini sudah menguasai keseluruhan negara itu.

Selama 20 tahun Kekuasaan Amerika Serikat di Afghanistan gagal untuk membuat pasukan negara itu menjadi kuat dan bisa melawan Taliban. Mereka gagal membentuk negara boneka setelah 20 tahun menginvasi. AS tidak menghasilkan apa-apa kecuali kehancuran Al-Qaedah dan kematian Osama Bin Laden.

News Feed