by

FK Unhas Bersama PDGKI Gelar Webinar Sambut Dies Natalis Ke-65 Unhas

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR  — Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin (Unhas bersama Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) menyelenggarakan Webinar sebagai rangkaian dari Dies Natalis ke-65 Unhas.

Webinar bertemakan “An Update on Nutrigenetics of Metabolic Diseases” diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Sabtu (21/8).

Hadir sebagai narasumber yakni Dr. dr. Andi Makbul Aman, Sp.PD, KEMD, FINASIM, dan dr. Agussalim Bukhari, M.Med, Ph.D, Sp.GK(K)., Dr. Fahat Jameel, MBBS, MD, MBA., dari Novo Nordisk Indonesia dan Prof. Dr. Vimal Karani S., dari University of Reading, Inggris.

Mengawali kegiatan, Dekan FK Unhas Prof. dr. Budu, Ph.D, Sp.M(K), M.MedEd., menyampaikan penyelenggaran webinar kali ini merupakan seminar pertama untuk mengawali berbagai kegiatan menyambut Dies Natalis ke-65 Unhas.

Setelah webinar ini, juga akan dihadirkan beberapa program yang melibatkan sivitas akademika dan para mahasiswa, seperti olahraga dan kegiatan ilmiah untuk memeriahkan rangkaian dies natalis.

“Terima kasih kepada Rektor Unhas yang telah mendukung seluruh rangkaian dies natalis, para keynote speaker yang berkenan hadir memberikan materinya serta seluruh panitia yang yang bersinergi untuk menyukseskan kegiatan kita bersama,” jelas Prof. Budu.

Kegiatan resmi dibuka Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan tema yang diangkat pada webinar kali ini adalah salah satu tema yang sangat penting dibahas dalam kehidupan sehari-hari.

Obesitas dan diabetes melitus merupakan permasalahan yang luas ditengah masyarakat. Untuk itu, perlu adanya perhatian khusus oleh pemerhati kesehatan, serta pemberian pemahaman kepada masyarakat terkait pencegahan dan penanganan penyakit tersebut.

“Tidak sedikit warga masyarakat memiliki anggota keluarga atau kerabat yang terkena obesitas dan diabetes melitus. Ini adalah tantangan kita sebagai akademisi untuk melanjutkaan upaya mutakhir pencegahan penyakit,” jelas Prof Dwia.

Lebih lanjut Prof. Dwia berharap melalui webinar ini selanjutnya akan menghasilkan diskusi serta kajian hasil studi sebagai kolaborasi riset dan jurnal bersama.

Setelah sambutan, webinar dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber yang dipandu oleh dr. Aminuddin, M.Nut&Diet, Ph.D, Sp.GK. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed