by

Unhas Umumkan Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Bidang Kemaritiman Tingkat Nasional

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR  — Universitas Hasanuddin (Unhas) menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTIM) Bidang Kemaritiman Tingkat Nasional Tahun 2021. Pelaksanaan kegiatan LKTIM Kemaritiman ini telah dilaksanakan sejak tahun 2012 dan kembali dilaksanakan untuk yang kesepuluh kalinya pada tahun 2021.

Tahun ini, LKTIM Bidang Kemaritiman Tingkat Nasional, mengusung tema “Inovasi Kemaritiman dalam Mendukung Sustainable Development Goals”.

Kategori lomba pada LKTIM Bidang kemaritiman Tingkat Nasional Tahun 2021 adalah Karya Tulis Ilmiah Bidang Ilmu pengetahuan; Teknologi; dan bidang Sosial, Ekonomi, Hukum, Kebijakan, Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut, kategori poster dan video.

LKTIM diikuti 33 universitas, institusi, dan sekolah tinggi se Indonesia. Bidang Ilmu pengetahuan 10 Tim, Bidang Teknologi 18 Tim, Bidang Sosial, Ekonomi, Hukum, Kebijakan, Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut 22 Tim, Poster Kemaritiman 13 tim, video 14 tim.

Pelaksanaan LKTIM Tahun 2021 berlangsung sejak tanggal 21 Juni sampai 19 Agustus 2021, dengan tata waktu pendaftaran 21 Juni-31 Juli, seleksi 2 Agustus 2021, Pengumuman finalis 8 Agustus 2021, pelaksanaan lomba (presentasi KTI, penilaian poster dan video) tanggal 16 Agustus 2021, dan pengumuman pemenang tanggal 19 Agustus 2021.

LKTIM melibatkan juri eksternal yang berasal dari Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, Institut Kesenian Bali, dan Universitas Brawijaya serta juri internal dari Fakultas MIPA, IKP, Teknik dan FISIP.

Pengumuman lomba yang dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2021, dirangkaikan dengan kuliah umum dengan narasumber Dr. Eng. Abu Bakar Sambah, S.Pi., MT. Ketua Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan FPIK Universitas Brawijaya dan Dr. Ir. Muh. Rijal Idrus, M.Sc. Ketua Divisi Kemaritiman SDGs center dan dosen FIKP Universitas Hasanuddin.

Dalam sambutannya pada pembukaan pengumuman LKTIM dan kuliah umum, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin Prof. Dr. drg. Andi Arsunan Arsin, M.Kes. menyampaikan “Sektor maritim memiliki peran strategis dalam mewujudkan dan mendukung pencapaian SDG’s.

Peran pembangunan dan pengembangan sains dan teknologi dalam bidang maritim untuk menghasilkan inovasi iptek merupakan faktor yang sangat penting dalam menopang kemajuan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan bangsa secara berkelanjutan.

News Feed