by

Hari Ini, Insentif Nakes Tunggakan 2020 Mulai Cair

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Plt Kepala Dinas Kesehatan di Kota Makassar dr Andi Hadijah Iriani menuturkan mulai hari ini insentif seluruh tenaga kesehatan di 47 Puskesmas telah dicairkan mulai hari ini, Selasa, 24 Agustus 2021.

Pencairan insentif nakes ini khusus untuk ribuan nakes yang bekerja di Puskesmas. Anggarannya Rp9 miliar untuk tahun 2020.

Iriani mengatakan, sebelumnya insentif nakes di rumah sakit sudah lebih dulu cair. Sementara insentif nakes untuk tahun 2021, saat ini pihaknya masih melalui proses verifikasi.

“Sekarang juga kami minta mereka verifikasi data masuk ke dinas kesehatan untuk pembayaran satu semester, Januari-Juni 2021,” kata Iriani, Selasa, 24 Agustus 2021.

Khusus dalam pembayaran insentif 2020 ini, lanjut dia, pengawasan insentof sudah melalui inspektorat.

“Sekarang ini sisa menunggu BPKAD memberikan nomor surat. Hal itu menjadi dasar untuk dibawa ke bank. Cairnya bisa sekarang, saya sudah tanda tangan,” terangnya.

Sebelumnya, Iriani membeberkan satu di antara kendala dalam insentif ialah pihak Puskesmas dan Rumah Sakit belum memasukkan seluruh nama-nama tenaga kesehatan penerima insentif.

“Anggarannya sudah diberikan cuma pelaksanaan masih dilakukan verifikasi di Dinkes. Puskemas belum semuanya memasukkan nama nama termasuk RS,” kata Iriani.

Khusus 2021, total anggaran yang disediakan untuk insentif nakes sebesar Rp42 miliar.

“Tinggal administrasi. Insyaallah kita juga akan bayarkan Juli sampai Desember 2021,” ujarnya. (bus)

News Feed