by

Risya Marennu, Dosen FIB Unhas yang Menerbitkan Buku “Lipstik yang Berdarah”

KORANFAJAR.CO.ID, MAKASSAR-Dosen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas, Rismayanti, S.S., M.Hum menerbitkan buku kumpulan cerpen “Lipstik yang Berdarah”. Buku itu merupakan karya tunggal perdananya. Selama ini Rismayanti telah menulis buku antologi serta beberapa tulisan yang pernah di muat media.

Buku itu telah dilaunching melalui akun IG Kabisat sebagai penerbit dan Risya_marennu, Instagram penulis pada 18 Agustus lalu. Penerbitan buku perempuan yang dikenal dengan nama Risya Marennu itu mendapat sambutan baik dari pelbagai kalangan pembaca. Meskipun launching buku dilakukan lewat daring.

Buku kumcer ini, lahir dari konsep sejarah kehidupan tokoh perempuan dari Sulawesi Selatan dengan alur cerita mengelaborasi masa kolonial dan masa kini yang dibalut dengan asmaraloka. Serta berbagai perspektif tentang perempuan.

Seperti yang kita ketahui tokoh-tokoh perempuan kebanyakan yang dikenal yaitu dari luar pulau Sulawesi, jawa misalnya. Kemudian muncullah ide untuk menulis sendiri  buku kumpulan cerpen. Ada 9 judul cerpen, tokoh di setiap cerpen semuanya perempuan, di antaranya ada ada dua yang bergenre thriller.

Buku itu diselesaikan dalam kurung waktu sembilan bulan selama pandemi dibantu dengan beberapa referensi untuk melakukan riset  tentang tokoh-tokoh perempuan Sulawesi Selatan.

“Saya sangat gembira, akhirnya buku ini lahir. Rasanya saya menghadiahkan kebahagian pada diri sendiri. Meski saya selalu merasa gagal menulis dengan baik,” ujarnya.

Risya menyebutkan, saat memutuskan dan yakin akan melahirkan buku, dia pun tidak memikirkan lagi kata perfecsionis yang selalu hinggap di kepalanya. Dengan kekhawatiran-khawatiran lainnya, akhirnya bukunya sudah di depan mata.

“Semoga buku ini, memberi manfaat bagi pembaca dengan berbagai perspektif. Semoga buku ini dapat meningkatkan literasi Indonesia khususnya di bidang sastra,” ujarnya, Selasa, 24 Agustus 2021.

Kini, buku “Lipstik yang Berdarah” dapat diperoleh di toko Dunia Ilmu atau memesannya kepada penulis. Bagi yang terlewatkan bergabung pada launching buku kemarin, dapat ikut pada bedah buku berikutnya. Penulis dapat dihubungi lewat akunnya IG atau email risyamarennu@unhas.ac.id. (*/)

News Feed