by

Anggota DPRD Gowa Serahkan Dana Kompensasi ke Caleg PAN  yang Tak Terpilih

FAJAR.KORAN.CO.ID, GOWA –- Anggota Deswan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa, Diana Susanti Tunru, secara resmi menyerahkan dana kompensasi kepada dua calon legislatif (Caleg) yang tak terpilih pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu.

Kedua caleg yang tak terpilih tesebut, Misbahuddin Rate dan Abdul Hamid Rate, yang pernah maju sebagai Caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) di Daerah Pemilihan (Dapil) 6 meliputi Kecamatan Bajeng dan Bajeng Barat.

“Tadi saya habis bayar kompensasi kepada Caleg PAN yang gagal di Dapil 6 Gowa. Ini sebagai tanda penghargaan dan terima kasih dari saya pribadi dan Partai Amanat Nasional, karena telah berpartisipsi pada Pileg 2019,” jelas Diana Susanti Tunru, Selasa (24/8/2021).

Menurutnya, besaran kompensasi yang diberikap kepada caleg tidak terpilih bervariasi, atau tergantung pada tingkat pemilihan.

Namun, kata anggota Komisi IV DPRD Gowa ini, syarat untuk mendapatkan kompensasi tersebut, caleg yang gagal pada Pemilu harus mendapatkan suara di atas 1.000, hal itu sesuai dengan aturan dari partai.

“Totalnya hampir Rp80 Juta untuk dua Caleg diberikan kompensasi. Saya melakukan pembayaran di hari ulang tahun PAN yang ke-23 sebagai tanda cinta saya terhadap partai dan saya sangat bangga karena PAN masih memperhatikan calegnya yang gagal pada pileg,” ungkap Diana.

Diana juga mengakui, pertimbangan memberikan kompensasi sebagai bentuk penghargaan sekaligus pengganti biaya selama melakukan pencalegan. Pemberian kompensasi juga sebagai langkah antisipasi desakan pengganti antarwaktu atau PAW. 

“Karena ini persyaratan mutlak dari PAN yang harus dilunasi paling lambat 2 tahun masa jabatan agar tidak mendapat sanksi pergantian antarwaktu,” pungkas Diana.

Kendati demikian, dirinya berharap agar PAN tetap menjadi partai yang mampu meberikan harapan kepada setiap kadernya di seluruh Indonesia. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed