by

Latih Khusus Para Pengrajin, Sutera Wajo Diarahkan Berdaya Saing hingga Pasar Global

FAJARKORAN.CO.ID, WAJO — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo terus melakukan berbagai upaya untuk menumbuhkembangkan persutraan. Ini salah satu komitmen Bupati Wajo, Amran Mahmud, untuk menjaga kejayaan sutera di Bumi Lamaddukelleng.

Melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Wajo, pemerintah setempat menggandeng PT Bank Nasional Indonesia (BNI) Persero Cabang Sengkang untuk melaksanakan pelatihan bagi pelaku UMKM kain tenun sutera Sengkang.

Upaya ini dilakukan agar tenun sutera dari daerah ini bisa berdaya saing dan menjadi industri kreatif sesuai pasar lokal dan global. Hal tersebut disampaikan Amran Mahmud saat membuka pelatihan industri kecil menengah (IKM) tenun sutra Sengkang di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Selasa malam (24/8/2021).

Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan Covid-19 ketat ini dihadiri Pimpinan Wilayah 7 BNI Sulsel, sulbar, Sultra, dan Maluku, Hadi Santosa, bersama wakilnya, Bimawasinggih Yulianto, Pimpinan BNI Cabang Sengkang, Samsul Qamar, para kepala perangkat daerah, Ketua Dekranasda sekaligus Ketua TP PKK Wajo, Sitti Maryam, Ketua Silk Solution Centre, Kurnia Syam, para peserta, dan tamu undangan lainnya.

Adapun pematerinya adalah Defrico Audy, desainer kondang Indonesia, yang juga Fashion Guru Indosiar. Sebelum ke tempat acara, Bupati Wajo yang dikenal selalu memuliakan tamunya, banyak berdiskusi sekaligus menjamu tamu-tamu kehormatannya tersebut di rumah jabatan.

Pada kesempatan itu, Amran Mahmud menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan tinggi atas kerja sama dan dukungan dari BNI, dalam hal ini Hadi Santoso selaku Pimpinan BNI Wilayah 7.

“Semoga dengan kebersamaan ini kita bisa mengembangkan dan memajukan Kabupaten Wajo. Doa terbaik untuk Bapak bersama jajaran serta berkah dan penyemangat bagi kami untuk memajukan Wajo dan pemulihan ekonomi khususnya di masa pandemi ini,” ucap Amran Mahmud.

Amran Mahmud juga menyampaikan, meskipun dalam masa pandemi mesti tetap semangat memulihkan perekonomian. “Kami jajaran pemerintah daerah, Forkopimda, serta Satuan Tugas Covid-19 Wajo, dalam semangat kebersamaan tetap mengawal perkembangan dan dinamika Covid-19. Namun tetap berupaya untuk pemulihan ekonomi dan memastikan kegiatan ekonomi masyarakat tetap berjalan dengan pembatasan dan protokol kesehatan yang ketat,” bebernya.

News Feed