by

Wisuda Unhas Periode I Tahap 2 Tahun Akademik 2021/2022 akan Digelar secara Daring

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR –- Universitas Hasanuddin akan menggelar Wisuda seluruh jenjang program untuk Periode I Tahap 2 Tahun Akademik 2021/2022 pada tanggal 1 September 2021, direncanakan berlangsung secara dalam jaringan (Daring).

Hal ini sesuai keputusan Rapat Panitia Wisuda dan Bidang Akademik Universitas Hasanuddin, yang berlangsung di Ruang Rapat, Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas, Rabu (25/8).

Rapat dipimpin Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas, Prof. Dr. Ir. Muhammad Restu, MP. Turut hadir, para direktur, Kepala Biro, Sekretariat Senat Akademik, dan jajaran panitia wisuda.

Dalam pengantarnya, Prof. Restu menjelaskan, pelaksanaan wisuda merupakan agenda rutin yang tercantum pada kalender akademik. Sehingga, meskipun terdapat pembatasan-pembatasan akibat situasi pandemi, Unhas akan tetap melaksanakan wisuda sesuai jadwal.

“Tentu saja kita perlu mengedepankan kesehatan dan keselamatan peserta dan semua pihak yang terlibat pada wisuda. Maka pertemuan ini perlu membahas dengan cermat terkait model dan mekanisme pelaksanaan wisuda,” ungkap Prof. Restu.

Rapat dipandu leh Direktur Komunikasi Unhas, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D. Dalam penjelasannya, Suharman menekankan pada beberapa pertimbangan terkait kegiatan di lingkup Unhas dan situasi pandemi yang masih berlangsung.

“Pemerintah baru saja memutuskan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM, termasuk di Kota Makassar. Hal ini berarti kita belum sepenuhnya aman. Sehingga pelaksanaan wisuda harus kita pertimbangan sebaik mungkin,” papar Suharman.

Setelah mendengarkan berbagai masukan dari jajaran panitia dan unit kerja terkait, Rapat Bidang Akademik ini memutuskan untuk menggelar Wisuda Jenjang Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor untuk Periode I Tahap 2 Tahun Akademik 2021/2022 dilaksanakan secara daring.

Beberapa pertimbangan yang mendasari keputusan ini adalah pelaksanaan wisuda yang berpotensi menimbulkan kerumunan jika dilaksanakan secara luring. Selain itu, pelaksanaan wisuda di ruang tertutup juga menimbulkan resiko yang lebih besar jika diikuti oleh banyak orang secara langsung.

“Mekanismenya tidak jauh berbeda dengan wisuda Periode I Tahap 1 yang telah kita laksanakan pada bulan Juli lalu. Lokasi wisuda akan berpusat di Baruga AP Pettarani, dihadiri oleh peserta yang sangat terbatas. Selain Rektor, para Wakil Rektor, serta Dekan di lingkup Unhas, juga akan hadir wisudawan terbaik dari setiap fakultas dan jenjang pendidikan,” beber Suharman lanjut.

News Feed