oleh

Pangkoopsau III Hadiri Pertemuan Tatap Muka Panglima TNI dan Kapolri dengan Forkompimda Papua

-Headline-121 views

FAJAR.KORAN.CO.ID, JAYAPURA –- Panglima Koopsau III Marsda TNI Bowo Budiarto, S.E., CHRMP, menghadiri acara tatap muka dan diskusi Panglima TNI dan Kapolri dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Provinsi Papua di Jayapura, Kamis (26/8).

Kunjungan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P., dan Kapolri Jenderal Pol Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si., ke Provinsi Papua di Jayapura dalam rangka meninjau kesiapan PON XX Papua yang diagendakan berlangsung bulan Oktober mendatang, sekaligus  melakukan pertemuan dan diskusi dengan Forkompimda Provinsi Papua.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam pertemuan tersebut menyampaikan, bulan Oktober mendatang, Papua akan menjadi tuan rumah PON XX sebuah event olahraga nasional yang sangat bergengsi. Untuk itu, diperlukan kesiapan yang matang dari berbagai sisi, dan TNI-Polri akan mendukung penuh.

“Guna mendukung kesuksesan PON XX, seluruh elemen masyarakat di Papua harus memiliki kesadaran yang tinggi terkait disiplin Protokol Kesehatan sebagai langkah upaya pencegahan  dan sudah harus menjadi kebutuhan serta bagian dari kehidupan sehari-hari,” tegas Panglima TNI.

Di sisi lain, Panglima TNI memaparkan, saat ini data indikator Provinsi Papua membaik, terutama dengan angka kematian yang rendah. Namun positivity rate masih tinggi di angka 12,90%.  Sedangkan Kota Jayapura tinggi di perawatan dan positivity rate, tetapi BOR tidak tinggi dan angka kematian rendah.

Sementara itu, terkait vaksinasi, Panglima TNI menegaskan, Pemerintah Daerah (Pemda) bersama instansi terkait, TNI-Polri, BNPB, Kemenkes harus meningkatkan sinergi, komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi dalam manajemen vaksinasi.

“Ada dua strategi vaksinasi saat ini, yaitu strategi vaksinasi terpusat dan strategi vaksinasi jemput bola. Kita akan ke wilayah-wilayah. Contoh dari Koopsau III Lanud Silas Papare kemarin menggunakan perahu kecil untuk mendatangi warga di pinggiran Danau Sentani untuk diberikan vaksinasi. Ini contoh yang bagus,” pungkas Panglima TNI. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed