by

UMI Berlakukan Selama Kuliah Mahasiswa akan Dibekali Karakter dan Skill

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR –- Pekan Pesantren Virtual Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Muslim Indonesia (UMI) memasuki angkatan VIII tahun akademik 2021/2022, Rabu (25/8/2021).

Kegiatan dibuka langsung Rektor UMI, Prof. Dr. H. Basri Modding, S.E., M.Si. dalam rapat senat terbuka luar biasa dengan agenda tunggal pesantren virtual.

Ketua Panitia Pelaksana Dr. Nasrullah Arsyad, SH, MH, dalam laporannya mengatakan, peserta pekan pesantren Maba UMI angkatan VIII berjumlah 500 orang yang berasal dari 13 fakultas dalam lingkup UMI. Setiap fakultas memiliki delegasi 1 orang untuk mengikuti rangkaian pesantren secara luring di Masjid Umar Bin Khatab Kampus II UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar.

Pekan pesantren Maba UMI mengangkat tema “Membentuk Wawasan dan Karakter Islami Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19”.

Pekan pesantren kilat yang merupakan tradisi UMI dalam menyambut mahasiswa baru di kampus ini berlangsung sejak pekan lalu dengan protokol kesehatan yang ketat.

Rektor UMI dalam sambutannya diwakili Wakil Rektor I UMI Dr. Ir. H. Hanafi Ashad, MT, IPM, menyatakan tidak semua perguruan tinggi melakukan penyambutan mahasiswa baru dengan kegiatan semacam ini.

“Inilah ciri khas UMI dalam menyambut mahasiswa baru, tidak ada lagi ospek. Selamat datang dan selamat bergabung di UMI yang memiliki visi melahirkan manusia berilmu amaliah, beramal ilmiah, beraklakul karimah, dan berdaya saing tinggi. Ini sekaligus menjadi tagline UMI,” jelas Hanafi Ashad.

Dikatakan Hanafi, mahasiswa baru saat ini memasuki masa transisi. “Dulu di sekolah statusnya adalah siswa, saat ini sudah beralih status menjadi mahasiswa, maka wajib hukumnya melakukan aktivitas yang mendukung visi UMI,” ujarnya.

“Ananda sudah tepat masuk di UMI karena UMI akan memberikan modal untuk mencapai visi tersebut yakni UMI akan membangun karakter dan membangun skill,” lanjut mantan Dekan Fakultas Teknik UMI dua periode ini.

Membangun karakter terbagi menjadi dua, yakni karakter moral yang terdiri dari beriman, bertakwa, jujur, dan rendah hati. Dan karakter kinerja yakni kerja keras, ulet, tangguh, tak mudah menyerah dan tuntas.

News Feed