oleh

Unhas Tuan Rumah Pertemuan Ilmiah Tahunan Fisika Medik dan Biofisika 2021

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR –-Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMipa) Universitas menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pertemuan Ilmiah Tahunan Fisika Medik dan Biofisika (PIT-FMB) 2021 bertemakan “Medical Physics for Better Life”. 

Kegiatan berlangsung secara daring di Lantai 1 Science Building FMipa Unhas yang terhubung melalui aplikasi zoom meeting, Kamis (26/8).

Pertemuan ilmiah ini terselenggara atas kerjasama antara FMIPA Unhas bersama Aliansi Institusi Pendidikan Fisika Medis Indonesia (AIPFMI) dan Aliansi Fisikawan Medik Indonesia (AFISMI).  Lembaga ini merupakan organisasi profesi fisikawan medik, beranggotakan para fisikawan medik profesional di rumah sakit maupun para peneliti di berbagai institusi penelitian dan perguruan tinggi, serta para pemerhati dari lembaga penentu regulasi.

Dalam sambutan pembukaan Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan Unhas, Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Sp.MK, Ph.D menyampaikan Unhas sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ilmiah yang menjadi tempat bertemunya para pakar fisika medis dan biofisika ini.

“Melalui pertemuan ilmiah ini, kita harapkan bersama dapat melahirkan sejumlah rekomendasi penting hasil riset yang berhubungan dengan bidang keilmuan dan menghasilkan inovasi produk publikasi,” jelas Prof. Nasrum

PIT-FMB 2021 secara resmi dibuka oleh Diriktoral Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D, Sp.THT-KL(K), MARS., mewakili Menteri Kesehatan RI. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi kegiatan yang tetap dilaksanakan walaupun masih secara daring. Dirinya berharap, meskipun secara daring tidak akan mengurangi manfaat dan tujuan dari pertemuan ilmiah ini.

Lebih lanjut, dalam pemaparannya Prof. Abdul Kadir menjelaskan Modalitas Radiologi Diagnostic dan Intervensional menjadi semakin sentral dan luas dalam penerapan layanan medis (diagnostik dan terapi). Dengan demikian sangat membutuhkan peran fisikawan medis agar kualitas dan kuantitas pelayanan semakin meningkat.

“Dalam penguasan kemajuan teknologi alat kesehatan yang pesat, harus diimbangi dengan peningkatan kapasitas dan kompetensi fisikawan medis dengan mendorong peningkatan upaya promotif dan preventif, didukung inovasi dan pemanfaatan teknologi,” jelas Prof. Abdul Kadir.

Pembukaan Pertemuan Ilmiah Tahunan Fisika Medik dan Biofisika (PIT-FMB) 2021 bertemakan “Medical Physics for Better Life” diikuti sekira 350 peserta dan berlangsung lancar. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed