by

6.994 Mahasiswa Baru Unhas Nyatakan Lawan Hoax di BALANCE Pekan Kedua

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR –- Universitas Hasanuddin melalui Bidang Kemahasiswaan dan Alumni kembali menggelar Basic Learning Skills Character And Creativity (BALANCE) 2021 pekan ke-2,  secara daring terhubung melalui aplikasi zoom meeting, Sabtu (28/8).

BALANCE 2021 diikuti 6.994 mahasiswa baru seluruh fakultas di Unhas, dan 278 mahasiswa yang mengulang. Dalam pelaksanaannya, peserta dibagi kedalam 100 kelas secara acak dari berbagai jurusan dan fakultas, yang dimaksudkan agar mahasiswa baru dapat berinteraksi lintas fakultas.

Sebelumnya, pada materi pekan pertama, mahasiswa baru telah dibekali materi “Saya dan Unhas;  Karakter Unhas”. Sementara pada pekan ke-2 adalah materi “Keterampilan Belajar; Cerdas dan Kritis Mengelola informasi”.

Materi keterampilan belajar ini diberikan dengan tujuan agar mahasiswa mampu mengidentifikasi teknik menjadi pembelajar efektif di Perguruan Tinggi. Harapannya, mahasiswa mengidentifikasi gaya dan teknik belajarnya agar mampu belajar secara efektif.

Ketua Tim Kelompok Kerja (Pokja) BALANCE Unhas 2021, Ira Taskirawati, S.Hut., M.Si., Ph.D. menjelaskan pentingnya materi cerdas dan kritis mengelola informasi. Materi ini bertujuan agar mahasiswa mampu menemukan informasi secara efektif dan mampu menerapkan prinsip berpikir kritis dalam mengelola informasi.

“Banyaknya informasi yang beredar di internet atau media sosial. Mahasiswa sebagai pembelajar intelektual di perguruan tinggi harus bisa membedakan informasi hoax dan fakta. Mahasiswa akan dibekali materi tips pencarian informasi internet dan contoh-contoh filtering informasi,” jelas Ira Taskirawati.

Pada pekan ke-2 sebanyak 6.994 mahasiswa baru 2021 menyatakan perang melawan hoax sebagai bentuk pernyataan sikap ke masyarakat. Metode kampanye melalui aplikasi twibbonize berjudul “Mahasiswa Baru Anti Hoax” yang disebarkan melalui instagram masing-masing dengan narasi “Saya Mahasiswa Unhas Anti Hoax. Saring sebelum Sharing”.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes., menjelaskan bahwa materi BALANCE sudah tersusun dengan sistematis sesuai kebutuhan mahasiswa baru. Diharapkan, materi ini akan bermanfaat untuk mahasiswa baru.

“BALANCE merupakan wadah pertama dalam membentuk karakter mahasiswa baru untuk berpikiran kontruktif dan rasional, juga akan menjadi benteng terhadap pengaruh negatif dalam membentuk mahasiswa Unhas yang berkarakter,” jelas Prof. Arsunan.

News Feed