oleh

Tangani Banjir dan Longsor, Pemkab Wajo Kerahkan Alat Berat

Tim juga ke Desa Ujungpero, Kecamatan Sabbangparu, untuk membantu evakuasi. “Selain bekerja sama dengan unit penanganan bencana dari perangkat daerah lain, kita juga meminta bantuan tenaga dari pemerintah setempat,” katanya.

Untuk penanganan dalam kota, Tim TRC BPBD Wajo dan Penyelamatan Satpol PP Damkar dibantu tim terpadu telah melakukan evakuasi pembersihan pohon tumbang dan tanah longsor yang menutup akses jalan di sejumlah titik. Termasuk di Jalan Serikaya, tim terpadu sementara melakukan pembersihan pohon dan tanah longsor yang menutup akses jalan.

Sementara itu, untuk penanganan korban banjir, Dinas Sosia P2KBP3A Wajo saat ini telah melakukan proses asesmen dampak dan membantu tim reaksi cepat, tim pemadam dan penyelamatan dalam proses evakuasi.

“Kita lakukan pendataan dan asesmen dampak untuk nantinya diupayakan untuk bantuan. Tagana kita juga sudah kita turunkan untuk membantu evakuasi,” ucap Ahmad Jahran, Kepala Dinas Sosial P2KBP3A Wajo.

Pantauan di Kota Sengkang, sejumlah akses jalan yang sebelumnya terendam banjir mulai surut. Sejumlah petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) juga masih terlihat di lapangan membantu tim terpadu melakukan pembersihan sampah yang terbawa arus.

“Sejak pagi memang tim satgas dari DLHD sudah kita turunkan untuk membantu pembersihan bersama tim kecamatan dan tim terpadu lainnya,” kata Andi Muhammad Baso Iqbal, Kepala DLHD Wajo. “Kami juga menurunkan alat berat kami untuk membantu pembersihan,” imbuhnya.

Banjir dan longsor di Wajo akibat guyuran hujan deras yang juga terjadi di beberapa kabupaten tetangga pada Jumat malam. (rls)

News Feed