by

Merebut Optimisme Melawan Pandemi

OLEH: M Ridwan Radief

ASN Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gowa

Di tengah keputusasaan bangsa indonesia akibat pandemi Covid-19, HUT Progralamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76 pada 17 Agustus lalu adalah momentum yang tepat untuk kita kembali merenungi dan menerawang lapis demi lapis catatan sejarah perjuangan. Di tengah gemuruh senjata api, kokoh di kegelapan malam yang hampir tidak ada asa,  para pahlawan lantang memekikkan kemerdekaan.

Sepanjang sejarah, fase penjajahan adalah fase yang paling sulit dan penuh penderitaan. Namun, bangsa ini tetap sabar dan percaya bahwa pertolongan Tuhan pasti akan datang seiring dengan pengorbanan yang tidak ada hentinya. Adanya perasaan senasib sepananggungan akibat jiwa-jiwa yang terjajah telah membawa bangsa ini pada konsensus wawasan kebangsaan dengan tekad yang bulat sebagaimana tertuang dalam Sumpah Pemuda pada tahun 1928 yaitu tekad bertanah air satu dan berbangsa satu. 

Seperti hari ini, adanya kesamaan penderitaan karena sebab kehilangan pekerjaan, menurunnya penghasilan, perginya keluarga, kerabat dan sahabat dikarenakan Covid-19,memanggil kitapada kesatuan tekad, majumerebut kembali optimisme dan spirit kemerdekaan yang pernah dipekikkan para pejuang-pejuang kemerdekaan bangsa indonesia. Meski di keadaan yang berbeda,namun kita tidak kehilangan substansi perjuangan yakni agar bangsa ini tetap hidup dan utuh. Sudah saatnya bangsa indonesia kembali ke medan perjuangan melawan pandemi di bawah komando Pemerintah Republik Indonesia dan di atas rel yang lurus “Bhineka Tunggal Ika” .

Hari kemerdekaan akan diumumkan dan akan kita sambut dengan dada-dada yang tegak penuh optimisme dari sabang sampai merauke. Indonesia tangguh, indonesia tumbuh telah dikumandangkan sebagai spirit perjuangan bangsa indonesia di usia76 tahun. Dengan bangga, kita persembahkan kemerdekaan dari pandemi Covid-19 dengan turut serta mensuskeskan program vaksinasi, menerapkan protokol kesehatan, mengurangi mobilitas dan lain sebagainya sebagai upaya perlawanan melawan pandemi.  

Pada HUT Ri ke-76,  kita mengharapkan Pemerintah Daerah, TNI, Polri, Forkopimda, para pelaku usaha, dan organisasi kemasyarakatan untuk menggelar akselerasi vaksinasi massal sebagai puncak perlawanan kita melawan pandemi. Juga para aparat kelurahan/desa, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, komunitas sosialuntuk sama-sama bergerak, mengajak dan mengimbau masyarakat agarturut serta mengambil bagian dalam program vaksinasi sehingga dapat tercipta herd immunity yang kita harapkan bisa terwujudpada peringatan HUT RI ke 76 sebagai kado perjuangan bangsa indonesia melawan pandemi.

News Feed