by

Musim Hujan Datang Lebih Awal di Sulsel

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar tengah fokus melakukan pemangkasan pohon. Itu dilakukan untuk mengantisipasi potensi pohon timbang pada musim penghujan.

Mengingat, Balai Besar Meteorologi, Klimatologo, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar sudah menyampaikan, musim hujan tahun ini bakal datang lebih awal dari biasanya. Prediksinya, September mendatang sudah tiba.

Forcester BBMKG Wilayah IV Makassar, Agus mengatakan, prediksi itu bahkan sudah disampaikan secara resmi oleh BMKG pusat.

“Tanggal 26 Agustus lalu BMKG pusat sudah sampaikan, musim hujan bakal tiba lebih awal, tapi memang tidak merata,” jelasnya kepada FAJAR, Minggu, 29 Agustus 2021.

Akan tetapi, Sulawesi Selatan masuk dalam zona musim yang akan kedatangan musim hujan lebih cepat. Hal ini diperkuat dengan terjadinya cuaca ekstrem di sejumlah wilayah.

“Sulsel juga begitu, tidak merata juga. Wajo dan Luwu itu bahkan sudah alami cuaca ekatrem. Yang lainnya, sememtara waktu masih akan mengalami musim hujan sedang September nanti,” jelasnya.

Menyambut datangnya musim hujan ini, DLH Makassar gencar melakukan pemangkasan pohon di sejumlah ruas jalan. Kawasan sudiang menjadi prioritas karena sudah banyak pohon yang rindang dan berpotensi tumbang saat musim hujan tiba.

Atensi Sudiang

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan dan Pemeliharaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) DLH Makassar, Masry. Menurutnya, Sudiang dan sekitarnya menjadi perhatian khusus.

“Fokus kita sekarang di Sudiang. Di sana kan banyak pohon yang potensi tumbangnya tinggi. Makanya kita prioritaskan pangkas di wilayah sana dulu,” bebernya.

Lebih lanjut Masry mengatakan, untuk kawasan lain juga tidak kalah penting. Hanya saja, sebagian sudah ada yang dipangkas dan sebagiannya dianggap masih kokoh dan kecil kemungkinan bisa tumbang di musim hujan.

“Kita juga tetap lakukan di kawasan lain. Tapi kan sebagian sudah dipangkas dan banyak yang masih kokoh. Makanya pekan ini kita dokus di Sudiang, khususnya kawasan Bandara,” lanjutnya.

Selain mengantisipasi tumbang di musim hujan, Masry juga menilai pohon-pohon di kawasan Bandara sudah waktunya dirawat. Tujuannya untuk menambah nilai estetika yang ada di sana.

News Feed