by

Tim Unhas Juara I Lomba Riset Sawit Tingkat Mahasiswa BPDPKS 2021

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR  –- Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas), kembali menorehkan prestasi tingkat nasional. Dengan demikian, mereka berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp50 Juta.

Cindy Kristina Enggi dan Tim Universitas Hasanuddin, dengan judul penelitian “Inovasi Formula Modern Kombinasi Dispersi Padat-Floating Gel In-Situ dari Senyawa Karotenoid Minyak Kelapa Sawit Sebagai Kandidat Immunostimulan dan Antioksodan.” Meraih Juara I, pada Lomba Riset Sawit Tingkat Mahasiswa BPDPKS Tahun 2021, yang diselenggarakan di Bogor, 26 s.d. 27 Agustus 2021.

Kepastian Tim Unhas Juara I tersebut, terlihat pada instagram bpdpkelapasawit, yang mengumumkan Final lomba riset sawit mahasiswa. Dari 10 tim peserta yang masuk final, yang berhasil menjadi pemenang sebagai berikut: 1. JUARA I: Cindy Kristina Enggi dan Tim Universitas Hasanuddin, dengan judul penelitian “Inovasi Formula Modern Kombinasi Dispersi Padat-Floating Gel In-Situ dari Senyawa Karotenoid Minyak Kelapa Sawit Sebagai Kandidat Immunostimulan dan Antioksodan.”

2. JUARA II: Wahida Annisa Ermadayanti dan Tim Insitut Teknologi Sepuluh November, dengan judul penelitian “Delignifikasi Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit dan Aplikasinya sebagai Support Elektrokatalisis pada Baterai.” 3. JUARA III: Fiqri Apriansyah dan Tim Universitas Sebelas Maret, dengan judul penelitian “Pengembangan Biomaterial Pengantar Obat Berbasis Porous Cellulose Terfungsionalisasi dari Limbah Tanda Kosong Kelapa Sawit.”

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Drg. Andi Arsunan Arsin, yang dikonfirmasi, menyatakan rasa bangga dan apresiasinya terhadap mahasiswanya tersebut.

“Saya pribadi dan selaku pembina kemahasiswaan Universitas Hasanuddin, menyampaikan selamat kepada adik-adik yang telah menorehkan nama baik Unhas di tingkat nasional. Selamat atas perjuangan yang membuahkan hasil maksimal,” jelas Kak Cunan, panggilan akrab Prof. Arsunan Arsin.

Menurutnya, selaku pembina kemahasiswaan unhas, tentunya sangat bangga dan memberi apresiasi kepada adik-adik yang telah memenangkan kontestasi lomba riset sawit tingkat nasional. Prestasi ini mengangkat dan mengharumkan almamater, serta mampu menunjukkan, di tengah pandemi dengan segala keterbatasan, adik-adik mahasiswa Unhas tidak terkendala kondisi tersebut.

“Terbukti telah mampu menjuarai lomba riset sawit tersebut. Prestasi ini membanggakan. Bukan hanya hadiah yang didapatkan sangat lumayan (Rp 50 Juta) tapi juga mampu mengungguli perguruan tinggi favorit lainnya di Pulau Jawa,” pungkas Arsunan. (mukhlis/fajar)

News Feed