by

Kepemimpinan Transformasional

OLEH: Andi Aris Mattunruang/Mahasiswa Magister Sains Manajemen UGM

Semangat kemerdekaan mengajarkan kita untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa di tengah masa sulit pandemi-19, bukan malah membuat masyarakat terbelah dan saling menyalahkan. Fokus pada penanganan tentunya dengan keyakinan bahwa dengan kepemimpinan transformasional yang kuat dan mengayomi semoga persoalan bangsa dapat terselesaikan.

Sudah satu tahun lebih wabah Covid-19 sejak pertama kali diumumkan dua kasus pasien positif oleh pemerintah tepatnya pada 2 Maret 2020, berbagai upaya telah dilakukan dalam hal penanganan khususnya di Indonesia mulai melakukan PSBB, PPKM dan ditambah dengan pemberian vaksin kepada masyarakat umum. Proses pencegahan dan memutus mata rantai covid-19 sampai saat ini masih berjalan dengan berbagai problem.

Situasi penanganan covid-19 semakin sulit karena berbagai problem mulai dari korupsi, agenda politik, dan kekurangan alkes menjadi hambatan dalam proses penanganan covid-19, telah banyak korban berjatuhan mulai dari tenaga kesehatan sampai masyarakat umum akibat lambatnya penanganan dari pihak terkait dan belum optimalnya proses penanganan covid-19.

Quo Vadis Kemerdekaan

Tepat pada 17 Agustus 2021 kita akan memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-76, sejatinya berbagai problem pelik tentang Indonesia tentunya belum dapat terselesaikan dengan mudah, butuh proses yang panjang. Makna kemerdekaan Indonesia menurut pendiri bangsa yaitu bukan akhir dari perjuangan, sebagai pemersatu bangsa, menumbuhkan saling menghargai dan menghormati, bukti bahwa bangsa Indonesia memiliki kekuatan dan tidak boleh dipandang remeh dan menandakan bahwa perjuangan kita lakukan akan lebih berat.

Seperti kutipan yang pernah dikatakan oleh Bung Karno “Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri”. dan ucapan Bung Karno telah terbukti sekarang dimana kita berhadapan dengan bangsa sendiri yang seharusnya bisa melindungi dan mengayomi masyarakat. Pesan pendiri bangsa bahwa kemerdekaan bukanlah akhir dari perjuangan dan saat ini kita harus tetap berjuang melawan segala hal yang dapat menghambat bangsa ini untuk menjadi bangsa yang maju dan makmur.

News Feed