by

Isolasi Apung Dapat Rp1,5 M dari Kemenhub

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Kemenhub melalui PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) membantu Pemkot Makassar. Uang sewa KM Umsini tak lagi dibayar.

Direktur Utama PT Pelni Insan Purwarisha Tobing secara langsung mengunjungi kediaman Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Jl Amirullah, Rabu, 1 September.

Dalam kunjungannya, Insan dan Wali Danny Pomanto membahas terkait perkembangan Isolasi Apung di l KM Umsini. Insan menuturkan, ada dua poin yang dibahas dalam pertemuannya tersebut.

“Pertama, kami dari Pelni mengadakan audiensi dengan pak wali kota yang sudah memberikan keprcayaan kepada Kapal Pelni untuk lokasi isolasi mandiri. Beritanya bahkan sudah mendunia, jadi kami ini juga ikut terbantu namanya,” ujar Insan.

Kedua, pihaknya kembali menjalin kerja sama yang lebih baik terkait penggunaan KM Umsini.

“Terkait penggratisan kapal, saya luruskan, bahwa Pelni itu mendapat tugas dari Kementerian Perhubungan jika kapal Umsini ini diminta oleh Kemenhub sebagai tempat isolasi mandiri,” jelasnya.

Sehingga biaya sewa kapal KM Umsini, menjadi tanggung jawab Kementerian Perhubungan. Dengan kata lain, Pemkot mendapatkan subsidi dari Kemenhub.

“Jadi tidak dibebankan lagi ke Pemda, tapi dibayar melalui Kementerian Perhubungan,” jelasnya.

Ia menerangkan, biaya operasi kapal dibebankan kepada Kemenhub melalui Public Service Obligation (PSO).

Sementara itu, Danny mengatakan, meski tidak lagi dibebankan biaya sewa, biaya makan pasien masih dibebankan ke Pemkot Makassar. Ini berbeda dengan 5 daerah lainnya.

“Memang persoalan makanan, kan, yang lain itu dibebaskan semua. Makanan tetap kita urus, kan, cukup tinggi standarnya (makanan), jadi orang isolasi makanannya itu tertarik. Jangan sampai berkurang. Saya bilang jalan saja sambil kita urus,” terang Danny.

Ia juga mengaku khawatir ketika nanti saat pemeriksaan keuangan, bisa timbul kecurigaan dari pihak auditor, kenapa Makassar masih mengeluarkan biaya makan/minum, sementara di tempat lain sudah tidak.

“Kita khawatirkan pada saat pemeriksaan keuangan, kenapa gratis di sana kita tidak gratis, sehingga usaha untuk tidak bebani APBD kita terus lakukan,” ucapnya.

News Feed