oleh

Pascasarjana Unhas Hasilkan 8 Doktor Muda PMDSU yang Terbitkan 33 Artikel Terindeks Scopus

-Event, Kampusiana-1.649 views

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menyerahkan piagam penghargaan kepada wisudawan PMDSU Batch-3. Beliau menyampaikan PMDSU menjadi program khusus untuk mempercepat SDM unggul yang menjadi penggerak utama pencapaian Indonesia Emas tahun 2045.

“Program ini bertujuan melahirkan SDM yang berperan dalam membangkitkan pengembangan teknologi dan inovasi. Para lulusan diharapkan menjadi penggerak percepatan Indonesia Emas yang saat ini terhitung masih kekurangan SDM dalam bidang riset. Anda adalah Doktor unggul, anda adalah pilihan terbaik untuk bangsa. Selamat berkarya dan buktikan keunggulan anda,” jelas Prof. Dwia.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Agus Mumang, S.KM selaku perwakilan wisudawan menyampikan pesan dan kesannya. Dirinya menuturkan rasa bangganya telah menjadi bagian dari PMDSU Unhas, dirinya menyatakan bahwa pencapaian yang diraih saat ini bukan sesuatu yang mudah. Selama proses penyelesaian riset, mereka dipertemukan dengan promotor yang luar biasa mendorong dan memberikan arahan.

Untuk Wisuda periode September 2021 lulusan PMDSU berjumlah 8 orang dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata-rata 3,98 dan lama studi 2,94 tahun. 6 (enam) orang diantaranya lulus dengan predikat Cum Laude.

Wisudawan kategori Lulusan Tercepat dan kategori Publikasi Internasional Terbaik diberikan kepada Dr. Ayu Masyita, S.Si., yang merupakan alumni Prodi Ilmu Kedokteran dengan 3 jurnal Scopus Q1, 1 jurnal Scopus Q3 dan 1 Jurnal Internasional non Scopus dengan lama studi 2 tahun 10 bulan.

Yusnita Rifai, Ph.D., Apt selaku promotor dari Ayu Masyita menuturkan, bahwa pada pertengahan tahun 2019 Ayu telah berangkat ke Jepang untuk melakukan joint research atas kerjasama antara Kanazawa University dan Fakultas Farmasi Unhas. 

“Ketika kembali ke Indonesia, Ayu melanjutkan menulis publikasi untuk mendiseminasikan hasil risetnya. Sebagai promotor, saya sangat bersyukur atas kemudahan yang diberikan Allah SWT sehingga Ayu menerima gelar doktor di usia yang terbilang muda,” kata Yusnita.

Adapun data lulusan program PMDSU Batch-3, yakni:

1. Dr. Nur Asmi, S.Si., Prodi Ilmu Kimia dengan lama studi 2 tahun 11 bulan (2 jurnal Scopus Q2, 1 jurnal Scopus Q3, 1 Prosiding Scopus Q3, 1 jurnal Copernicus), usia 28 tahun, IPK 4.00.

News Feed