oleh

Pascasarjana Unhas Hasilkan 8 Doktor Muda PMDSU yang Terbitkan 33 Artikel Terindeks Scopus

-Event, Kampusiana-1.650 views

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –- Sekolah Pascasarja (SPs) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan acara pelepasan lulusan Program Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) bagi 8 Wisudawan PMDSU Batch-3. Kegiatan berlangsung pukul 13.30 Wita secara luring terbatas di Aula Prof. Fachruddin, Sekolah Pascasarjana dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Rabu (1/9).

PMDSU merupakan salah satu program beasiswa pendidikan yang ditawarkan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kemristekdikti melalui Direktorat Kualifikasi Sumber Daya Manusia Ditjen Dikti sejak tahun 2013.

Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1 yang berprestasi untuk memperoleh gelar Doktor dalam kurun waktu 4 tahun dengan masa pendidikan di program S2 selama 1 tahun dan S3 selama 3 tahun. Mereka dibimbing oleh calon promotor yang handal dengan H Indeks Scopus minimal 4.

Dekan SPs Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., dalam sambutannya menyampaikan bahwa PMDSU Unhas kini telah berlangsung hingga Batch-6. Acara pelepasan lulusan untuk Batch-3 hari ini adalah suatu prosesi baru yang dilakukan atas permintaan Ditjen Dikti untuk memberikan perhatian khusus bagi anak muda pilihan harapan bangsa yang direkrut dari suatu program percepatan doktor.

“Untuk PMDSU Batch-3 ini, Unhas mencatat rekor memiliki mahasiswa yang meraih gelar doktor dalam bidang ilmu kedokteran pada usia 24 tahun. Suatu kebanggaan yang luar biasa mampu menyelesaikan masa studinya pada usia sangat muda, berbasis riset dan publikasi internasional yang terindeks Scopus Q1,” jelas Prof. Jamaluddin.

Universitas Hasanuddin telah mengikuti PMDSU dengan melibatkan 34 promotor dan 54 orang mahasiswa. PMDSU Unhas telah menghasilkan ilmuwan muda dengan gelar Doktor sebanyak 14 orang. Mahasiwa PMDSU wajib menghasilkan minimal 2 artikel ilmiah pada jurnal internasional terindeks Scopus (Q1-Q4).

Lulusan PMDSU Batch 2 dan 3 telah menghasilkan artikel ilmiah sebanyak 39 artikel yang diterbitkan pada jurnal terindeks Scopus  (Q1 – Q4) dan 11 Artikel Prosiding Scopus atau Jurnal Nasional terindeks Shinta.

News Feed