by

Antisipasi Dampak Musim Hujan, Ini Yang Dilakukan DLH Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Mengantisipasi dampak musim hujan menurut prakiraan musim hujan yang maju pada bulan September oleh BMKG, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar melakukan berbagai langkah antisipatif.

Salah satu langkah antisipatif yang dilakukan dengan melaksanakan pemangkasan pohon Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk mengantisipasi pohon tumbang sepanjang jalur hijau Poros Makassar-Maros Kecamatan Biringkanaya selama tiga hari, mulai dari 2 sampai 4 September 2021.

Terkait aktivitas penanganan dampak musim hujan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Aryati Puspasari Abady, menyampaikan bahwa pihaknya akan melaksanakan pemangkasan secara intensif di poros jalan di Kota Makassar yang memiliki jalur hijau yang padat dan rimbun.

Pihaknya juga mengaktifkan posko pohon tumbang dengan melibatkan lima tim yang posko setiap harinya secara bergiliran. “Jumlah personil unit reaksi cepat disiagakan sebanyak 50 orang,” ujar Aryati, Kamis, 2 September.

Sarana dan prasarana yang disiapkan terdiri dari lima mobil skylift, 10 mobil dump truck sampah, 25 mesin pemotong kayu (sainsaw), dan satu unit alat berat looder. “Jika terjadi pohon tumbang, masyarakat bisa melaporkan secara langsung ke hotline 112,” tambahnya.

Selain langkah antisipatif tersebut, Aryati juga menghimbau masyarakat untuk menerapkan kesiapsiagaan mitigasi bencana. Seperti menghindari parkir kendaraan di bawah pohon, memangkas pohon privat yang berada di pekarangan rumahnya, dan berbagai aktivitas yang dapat mengurangi risiko. (rls/fajar)

News Feed