oleh

Forum Multisektor Percepat Eliminasi TBC di Makassar

KORANFAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Dorongan pemerintah pusat dalam pengendalian tuberkulosis lewat Yayasan KNCV Indonesia (YKI) melalui dukungan pendanaan dari USAID menyentu Makassar. Forum multi sektor percepatan eliminasi dikukuhkan.

Forum yang dibentuk di empat kota se-Indonesia itu khusus Makassar diketuai, Indiri Jusuf Ismail. Forum ini melibatkan sejumlah sektor baik dari pemerintah, akademisi, swasta, media, dan organisasi masyarakat. Forum multi sektor merLah diupakan wadah komunikasi dan informasi bagi semua pihak yang berkepentingan untuk bersama-sama menanggulangi TBC di Kota Makassar. 

Pasalnya, TBC di Makassar masih tertinggi di Sulsel. Di Provinsi Sulawesi Selatan sendiri, tahun 2020 dilaporkan adanya 12.203 kasus TBC. Kontribusi terbesar berasal dari Makassar, menyumbang sebanyak 3.254 kasus atau 27 persen. Dimana 110 diantaranya merupakan kasus tuberkulosis resistan obat (TBC RO).

“Mandiri TB diharapkan dapat berkontribusi dalam perjalanan menuju kemandirian program penanggulangan TBC melalui pemberdayaan jejaring pemangku kepentingan menuju eliminasi TBC di Indonesia,” ujar Direktur Yayasan KNCV Indonesia, Jhon Sugiharto.

Eliminasi TBC harus melibatkan komitmen jangka panjang dari semua sektor. Terlebih lintas sektor di luar sektor kesehatan serta komunitas.

Hal ini sejalan dengan strategi penanggulangan TBC Nasional 2020-2024. Pada forum ini upaya penanganan kasus TBC mulai dari edukasi, pencegahan, diagnosis, dan pengobatan.

Forum Multi Sektor Percepatan Eliminasi TB Kota Makassar Indira Jusuf Ismail mengatakan, forum ini akan mempercepat khususnya edukasi. “Karena kan sekarang banyak orang yang tidak mau periksa diri dan tidak mau mengakui sakitnya, untuk itu kita akan bergerak cepat edukasi itu,” ucapnya.

Indira menegaskan, masyarakat harus tahu bahwa tidak akan dikucilkan jika diketahui penyakitnya. Tetapi, akan diberikan pendampingan penuh.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyampikan, eliminasi TBC ini dimasukan dalam progrm prioritas di RPJMD. “Sesuai dengan langkah kita, eliminasi TBC juga masuk program prioritas dalam hal membangun imunitas yang kuat,” katanya.

Danny menyampaikan, pemerintah kota juga telah koordinasi dengan beberapa dokter spesialis paru-paru. Setelah Covid-19 mampu terkendali, GNose juga akan digunakan untuk TBC ini.

News Feed