by

Tingkatkan Gizi Masyarakat dengan Olahan Rumput Laut

KORAN.FAJAR.CO.ID, TAKALAR –- Potensi Sulsel untuk produk hasil laut sangat besar. Banyak hasil laut yang bisa diolah untuk memenuhi dan meningkatkan gizi masyarakat.

Seperti yang dilakukan tim dosen Unhas dalam program pengabdian kepada masyarakat.

Melalui program kemitraan Wilayah (PK- Dies Natalis) Diversifikasi olahan rumput laut berprotein tinggi guna menunjang gizi masyarakat di Kabupaten Takalar.

Ketua tim, Magdalena Litaay  mengatakan kegiatan tersebut merupakan kerja sama antara Fakultas MIPA-FIKP Unhas dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Takalar. Topiknya adalah diversifikasi olahan rumput laut berprotein tinggi guna menunjang gizi masyarakat di Kabupaten Takalar.

“Kegiatan ini merupakan program kemitraan dengan pemerintah Kabupaten Takalar dengan Universitas Hasanuddin dalam rangkaian program Dies Natalis Universitas Hasanuddin yang ke 65. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan diversifikasi olahan rumput laut ini,” kata Magdalena Litaay, Jumat 3 September.

Lebih lanjut Dosen Departemen Biologi Unhas ini menuturkan kegiatan diawali dengan penyebaran kuisener di kalangan masyarakat Takalar di Kecamatan Mangarabombang, Takalar. Peserta utamnya wanita muda dan ibu rumah tangga.

Tujuannya untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang pengenalan rumput laut lokal yang berpotensi ekonomis selain rumput laut Euchema dan Gracillaria yang merupakan komoditi rumput laut andalan Takalar. Hasil kegiatan ini dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan produk olahan rumput laut berpotensi tinggi untuk gizi masyarakat Takalar yang dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2021.

“Output dari kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapakan pengalaman selama pelatihan dapat diaplikasikan untuk perbaikan gizi masyarakat Takalar dengan pemanfaatan rumput laut berpotensi selain Euchema dan Gracilaria,” ujarnya.

Kegiatan tersebut dilakukuan oleh tim pengabdian masyarakat Unhas yang terdiri  Dr. Magdalena Litaay M.Sc sebagai ketua dan Dr.Nur Haedar M.Si, Dr. Ambeng M.Si, Kurniati Umrah Nur, S.Si., M.AppSc(ME)Hons. (edo/mukhlis/fajar)

News Feed