by

Webinar Implementasi MBKM, Prof Dwia; Unhas Dukung Penuh Merdeka Belajar

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –- Dalam rangka mendukung suksesnya pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka perguruan tinggi, khususnya PTN di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri Kawasan Timur Indonesia (KPTN-KTI) menyelenggarakan webinar bertema “Implementasi Program MBKM di Program Studi Perguruan Tinggi”, berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (3/9).

Kegiatan resmi dibuka Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., selaku Ketua Dewan Pembina KPTN-KTI. Dalam sambutannya, Prof. Dwia mengapresiasi kegiatan yang bertujuan untuk membahas implementasi program MBKM.

Lebih lanjut, Prof Dwia menambahkan MBKM merupakan program yang tidak mudah dan kompleks. Dibutuhkan kesiapan matang bagi perguruan tinggi agar program ini terlaksana dan mencapai tujuan yang diharapkan. Unhas sebagai perguruan tinggi terbesar di Indonesia Timur menghadirkan sistem terintegrasi yang menghimpun mahasiswa inbound maupun outbound pada MBKM.

“Sistem Perkuliahan Merdeka Belajar Antar Universitas atau Sipakatau adalah sistem informasi yang menjembatani program Merdeka Belajar. Kita siapkan sistem ini, membuat panduan dan mensosialisasikan. Sehingga ada kesepahaman bersama pada prodi-prodi di Unhas,” jelas Prof. Dwia.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) terus berupaya mendorong, memfasilitasi, dan mempercepat perguruan tinggi dalam menerapkan kebijakan MBKM sebagai salah satu dari 8 (delapan) Indikator Kinerja Utama (IKU).  Dalam mengimplementasikan MBKM, terkadang masih dijumpai beberapa kendala, baik di tingkat prodi maupun perguruan tinggi.

Salah satu tantangannya adalah dosen dan prodi belum mengetahui tata kelola program MBKM di perguruan tinggi karena kurangnya pemahaman tentang paradigma.

Mencermati kodisi dan realitas tersebut, KPTN-KTI yang beranggotakan 27 PTN dan beberapa Politeknik Negeri di Kawasan Timur Indonesia berinisiatif menjembatani berbagai persoalan yang timbul. Webinar hadir dengan tujuan memberikan pemahaman mengenai paradigma dan implemantasi pelaksanaan program MBKM, Dosen dan Prodi yang berkaitan dengan beberapa hal penting.

Pada kesempatan tersebut, hadir sebagai narasumber Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Dikti, Kemendikbud Ristek (Prof. drH. Aris Junaidi, Ph.D) dan Rektor UGM (Prof. Panut Mulyono). (rls/mukhlis/fajar)

News Feed