by

Car Free Day Dibubarkan Paksa, Ada Apa?

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Pemerintah Kecamatan Panakkung membubarkan paksa care free day (CFD) di Jl Boulevard, Minggu, 5 September 2021. Itu karena melewati batas waktu yang diberikan.

Pihak Kecamatan Panakkukang memberi batas waktu hingga pukul 08.30 Wita. Itu pun dengan protokol kesehatan ketat.

Camat Panakkukang Andi Pangerang Nur Akbar mengatakan selama ini CFD belum pernah dibuka kembali oleh Dinas Perhubungan (dishub).

“Tetapi karena masyarakat tetap berolahraga di sana, para pedagang juga akhirnya hadir,” ujarnya.

Upaya penutupan dari pihak kecamatan sudah dilakukan, tetapi masyarakat tetap berolahraga. Untuk itu, pihaknya saat ini melakukan pengawasan ketat atas prokes dan jaga jarak saja.

“Untuk itu kitah kasi batas waktu sampai jam 08.30 Wita-ji,” bebernya. Pangeran menyampaikan, anggota Satpol PP kecamatan membubarkan karena sudah diimbau batas waktu, namun mereka tetap melewati batas.

Tidak hanya itu, untuk hari-hari selanjutnya Pangeran akan memberikan tindakan tegas ke pedagang yang tidak memeberikan ruang untuk bisa malakukan jaga jarak. Begitu pula bagi masyarakat yang berolahraga tidak menggunakan masker.

Kawasan-kawasan CFD memang membutuhkan pengawasan ketat. Terutama bagaimana mengurai kerumunan dan taat prokes dengan baik.

Pasalnya, pantauan FAJAR, Minggu, 5 September, di Jl Penghibur atau Anjungan Pantai Losari jaga jarak dan menggunakan masker masih banyak tidak menerapkannya.

Begitu pula di Kawasan Olahraga (KOR) Sudiang, pedagang-pedagang yang berdesak-desakan membuat jaga jarak sulit dihindari.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyampaikan kasus terkonfirmasi dan status Makassar memang sudah turun.

“Tetapi kita jangan terlena, ini ada peralihan musim serta virus tidak berhenti bermutasi serta cakupan vaksinasi sesuai yang ditarget belum tercapai, jadi jangan dulu terlalu longgar dan abai prokes,” harapnya.

Untuk di area CFD, Danny menegaskan pihak kecamatan harus bertindak tegas. Karena orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 itu sangat mengkhawatirkan saat ini. (sal-zuk)

News Feed